Pengaruh model means ends analysis (mea) Berbantuan media cd pembelajaran terhadap Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas iv

AGUSTIN, SYINTIYA (2019) Pengaruh model means ends analysis (mea) Berbantuan media cd pembelajaran terhadap Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas iv. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (649kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (448kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRANN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstrak

Permasalahan yang ada pada siswa kelas IV di SD 4 Karangbener yaitu kurang bersemangatnya dalam mengikuti pembelajaran matematika serta kemampuan pemecahan masalah matematis masih kurang. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui perbedaan rata-rata sebelum dan sesudah menggunakan model MEA berbantuan media CD pembelajaran; (2) mengetahui proporsi siswa yang diajar dengan model MEA berbantuan media CD pembelajaran telah mencapai ketuntasan klasikal 75%; (3) mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkannya model MEA berbantuan media CD pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan bentuk penelitian yang digunakan pre - experimentaldengan one group pretest posttest design. Adapun sumber data yang digunakan adalah data pretest dan posttest, jumlah sampel yang digunakan yaitu 15 siswa kelas IV SD 4 Karangbener dengan menggunakan teknik sampling jenuh karena semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Variabel bebas penelitian ini adalah model MEA berbantuan media CD pembelajaran, variabel terikatnya adalah kemampuan pemecahan masalah matematis.Penelitian dilakukan dengan 6 langkah, yaitu: (1) pengumpulan informasi awal; (2) perencanaan; (3) pretest; (4) penerapan model dan media; (5) posttest; (6) perbandingan nilai hasil pretest dan posttest. Analisis data yang digunakan meliputi analisis perbedaan sebelum dan sesudah penggunaan model MEA berbantuan media CD pembelajaran dengan menggunakan uji wilcoxon sign rank test, analisis proporsi ketuntasan nilai klasikal dengan menggunakan uji Z, dan analisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan uji N-gain. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, secara umum diperoleh hasilpenelitian yaitu:(1)terdapat perbedaan rata-rata sebelum dan sesudah menggunakan model MEA berbantuan media CD pembelajaran. (2) Untuk proporsi ketuntasan klasikal belum mencapai 75%, (3) Hasil analisis tersebut juga dilihat pada hasil uji n-gain yang menunjukkan n-gain score < 0,3, sehingga dapat meningkatkan tapi dalam kategori rendah. Jadi pembelajaran dengan model MEA berbantuan media CD pembelajaran berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV. Sebaiknya dalam penggunaan model dan media tersebut memotivasi siswa terlebih dulu dan menjelaskan langkah-langkah pembelajaran supaya siswa lebih dapat mengerti proses pembelajarannya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Jayanti Putri Purwaningrum, M.Pd Pembimbing 2 Ratri Rahayu, M. Pd.
Kata Kunci: Means Ends Analysis (MEA), CD pembelajaran, Kemampuan pemecahan masalah matematis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 17 Dec 2020 04:42
Last Modified: 17 Dec 2020 04:42
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12972

Actions (login required)

View Item View Item