Penerapan model example non example berbantuan media gambar sketsa untuk meningkatkan hasil belajar tema 9benda-benda di sekitar kita Kelas v sdn 03 kawak jepara

Setiafudin, Ibnul Fahrun (2019) Penerapan model example non example berbantuan media gambar sketsa untuk meningkatkan hasil belajar tema 9benda-benda di sekitar kita Kelas v sdn 03 kawak jepara. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
SAMPUL-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Accepted Version

Download (852kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (68MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (597kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (585kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (111MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar, keterampilan guru dalam pembelajaran melalui model Example Non Example berbantuan media gambar sketsa pada siswa kelas V di SD Negeri 03 Kawak pada tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita. Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar yang mencakup aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan. Model pembelajaran Example Non Exampleadalah model yang menggunakan gambar sebagai media penyampaian pembelajaran. Media pembelajaran gambar sketsa adalah media pembelajaran yang bentuk awalan dari gambar dengan garis-garis yang menjadi titik-titik bentuk yang diinginkan yang nantinya akan menjadi gambar sempurna. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar dalam proses pembelajaran tema 9 Benda-Benda Disekitar Kita di kelas V SDN 03 Kawak dengan diterapkan model pembelajaran Example Non Example berbatuan media gambar sketsa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas V SD Negeri 03 Kawak dengan subjek penelitian peneliti sebagai guru dan 14 siswa. Prosedurnya meliputi dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Variable bebas dalam penelitian ini adalah model Example Non Example, sedangkan variabel terikatnya yakni hasil belajar. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi teknik analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada keterampilan guru dan hasil belajar siswa pada tema sembilan. Peningkatan keterampilan guru pada siklus I sebesar 68,75% dan pada siklus II 87,5% (Baik). Hasil belajar ranah pengetahuan siswa meningkat cukup signifikat anatara siklus I 67,2% dan siklus II 77,1%. Keterampilan siklus I 54% dan siklus II 83,5%, dan Sikap siklus I 63% dan Siklus II 79%. Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan Model Example Non Example Berbantuan Media Gambar Sketsa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 9 Benda-Benda Di Sekitar Kita Kelas V SDN 03 Kawak Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang sudah dilakukan dikelas V SDN 03 Kawak, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Example Non Example berbantuan media gambar sketsa dapat meningkatkan hasil belajar tema 9 Benda-Benda Disekitar Kita kelas V SDN 03 Kawak.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Nur Fajrie, S.Pd, M.Pd, pembimbing 2 Deka Setiawan, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Exampel Non Exampel, Gambar Sketsa,
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 17 Dec 2020 04:52
Last Modified: 17 Dec 2020 04:52
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12973

Actions (login required)

View Item View Item