Meningkatkan kecerdasan emosional melalui layanan bimbingan kelompok teknik psikodrama pada siswa kelas x mipa 2 sma n 2 rembang

Khomariyah, Khomariyah (2020) Meningkatkan kecerdasan emosional melalui layanan bimbingan kelompok teknik psikodrama pada siswa kelas x mipa 2 sma n 2 rembang. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Halaman Depan]
Preview
Text (Halaman Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (490kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (586kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (361kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: 1). Mendiskripsikan aktivitas peneliti dalam melaksanakan layanan bimbingan kelompok teknik psikodrama untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa kelas X MIPA 2 di SMA Negeri 2 Rembang. 2). Memeperoleh peningkatan kecerdasan emosional melalui layanan bimbingan kelompok teknik psikodrama siswa kelas X MIPA 2 di SMA Negeri 2 Rembang. Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang dalam mengembangkan kesadaran dan pengaturan diri, kemampuan mengembangkan motivasi diri sendiri, kemampuan mengembangkan rasa empati dan kemampuan kecakapan dalam membina hubungan dengan orang lain. Rendahya kecerdasan emosional dapat mengakibatkan dampak negatif bagi siswa dalam menembangkan potensi dirinya dengan optimal. Layanan bimbingan kelompok merupakan layanan yang diberikan oleh ahli kepada siswa agar dapat mengembangkan potensi dirinya dengan optimal. Teknik psikodrama merupakan teknik dalam bimbingan kelompok untuk memecahkan masalah-maslah psikisi individu. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Subjek yang diteliti adalah 7 siswa kelas X MIPA 2 di SMA N 2 Rembang yang memiliki kecerdasan emosional rendah. Hasil penelitian diketahui bahwa kecerdasan emosional subjek penelitian pada pra siklus diperoleh skor rata-rata 37 dengan kategori Sangat Kurang (SK). Pada pelaksanaan tindakan siklus I pertemuan pertama diperoleh skor 46 dengan kategori Sangat Kurang (SK), pertemuan kedua diperoleh skor 58 dengan kategori Kurang (K) dan pertemuan ketiga diperoleh skor 73 dengan kategori Kurang (K). Pelaksanaan tindakan siklus II pertemuan pertama diperoleh skor 85 dengan kategori Baik (B), pertemuan kedua diperoleh skor 94 dengan kategori Baik (B) dan pertemuan ketiga diperoleh skor 103 dengan kategori Sangat Baik (SB). Berdasarkan hasil skor yang diperoleh tersebut, skor kecerdasan emosional siswa memperoleh peningkatan sebanyak 57. Simpulan hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan kecerdasan emosional subjek penelitian mulai dari pra siklus, tindakan siklus I dan tindakan siklus II. Hasil penelitan aktivitas peneliti dalam melaksanakan layanan tindakan pada siklus I memperoleh skor 55 dengan kategori Kurang (K) dan pada siklus II meningkat menjadi 76 dengan kategori Sangat Baik (SB), peningkatan skor yang diperoleh yaitu sebanyak 32. Dengan demikian layanan bimbingan kelompok teknik psikodrama dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Disarankan kepada: 1) Siswa, diharapkan dapat meningkatkan kecerdasan emosional yang baik, karena kecerdasan emosional merupakan salah satu faktor yang paling penting bagi siswa untuk mencapai keberhasilan belajar siswa di sekolah dan di masa yang akan datang. 2) Guru BK, diharapkan dapat melaksanakan layanan bimbingan kelompok teknik psikodrama lanjutan dengan lebih baik untuk meningkatkan kecerdasan emosional peserta, agar keberhasilan belajar siswa di sekolah dapat tercapai dengan optimal. 3) Kepala Sekolah, kepala sekolah diharapkan dapat memberikan sarana dan prasarana yang baik untuk mendukung kegiatan bimbingan dan konseling, agar guru BK dapat membantu mengembangkan potensi siswa dengan optimal. 4) Peneliti, dapat menjadikan penelitian ini sebagai bahan acuan atau refrensi untuk mengembangkan dan melanjutkan penelitian layanan bimbingan kelompok teknk psikodrama untuk meningkatkan kecerdasan emosional. 5) Peneliti lain diharapkan dapat menjadikan penelitian ini sebagai rujukan, sumber informasi dan bahan refrensi penelitian selanjutnya agar bisa lebih dikembangkan dalam materi-materi yang lainnya untuk meningkatkan kualitas kegiatan belajar dan mengajar di sekolah.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Nur Mahardika, S.Pd., M.Pd. Dra. Sumarwiyah, M.Pd., Kons.
Kata Kunci: Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Psikodrama, Kecerdasan Emosional
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Jan 2021 03:15
Last Modified: 05 Jan 2021 03:15
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13040

Actions (login required)

View Item View Item