Meningkatkan kemampuan siswa dalam bersosialisasi melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik home room pada siswa kelas x mipa 8 di sma Negeri 1 jakenan

Falah, Noor (2020) Meningkatkan kemampuan siswa dalam bersosialisasi melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik home room pada siswa kelas x mipa 8 di sma Negeri 1 jakenan. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Halaman Depan]
Preview
Text (Halaman Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (556kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (607kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstrak

Kemampuan bersosialisasi sebagai salah satu faktor yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan siswa dalam mencapai tingkat belajarnya, karena dengan kemampuan bersosialisasi yang baik di lingkungan sekolah siswa dapat menyesuaikan diri dengan teman-temannya, tenaga pendidik maupun tata tertib di sekolah sehingga siswa dapat berbaur dengan nyaman dengan lingkungannya. bimbingan kelompok merupakan bantuan terhadap individu yang dilaksanakan dalam situasi kelompok. Layanan bimbingan kelompok dapat berupa penyampaian informasi ataupun aktivitas kelompok membahas masalah-masalah pendidikan, pekerjaan, pribadi dan sosial. Teknik home room merupakan teknik yang dilakukan oleh konselor dalam membantu memecahkan permasalahan siswa dalam suasana kelompok melalui dinamika kelompok dengan suasana kelompok seperti dalam suasana kekeluargaan sehingga menimbulkan rasa nyaman dan keterbukaan antara anggota kelompok dalam mengatasi suatu permasalahan yang ada dalam dirinya. Tujuan penelitian ini adalah: 1). Bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik home room dalam meningkatkan kemampuan bersosialisasi di lingkungan sekolah pada siswa kelas X MIPA 8 di SMA N 1 Jakenan Tahun 2019/2020. 2). Apakah kemampuan bersosialisasi siswa dapat ditingkatkan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik home room. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Subjek yang diteliti adalah 8 siswa kelas X MIPA 8 di SMA Negeri 1 Jakenan yang memiliki kemampuan bersosialisasi rendah. Hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan bersosialisasi subjek penelitian pada pra siklus diperoleh skor rata-rata 50 dengan kategori Sangat Kurang (SK). Pada pelaksanaan tindakan siklus I pertemuan pertama diperoleh skor 64 dengan kategori Sangat Kurang (SK), pertemuan kedua diperoleh skor 76 dengan kategori Kurang (K) dan pertemuan ketiga diperoleh skor 88 dengan kategori Kurang (K). Pada pelaksanaan tindakan siklus II pertemuan pertama diperoleh skor 101 dengan kategori Baik (B), pertemuan kedua diperoleh skor 122 dengan kategori Baik (B) dan pertemuan ketiga diperoleh skor 134 dengan kategori Sangat Baik (SB). Berdasarkan hasil skor yang diperoleh tersebut, skor kemampuan bersosialisasi siswa memperoleh peningkatan sebanyak 70. Simpulan hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan kemampuan bersosialisasi subjek penelitian mulai dari pra siklus, tindakan siklus I dan tindakan siklus II. Hasil penelitan aktivitas peneliti dalam melaksanakan layanan tindakan pada siklus I memperoleh skor 88 dengan kategori Kurang (K) dan pada siklus II meningkat menjadi 94 dengan kategori Sangat Baik (SB), peningkatan skor yang diperoleh yaitu sebanyak 46. Dengan demikian layanan bimbingan kelompok teknik home room dapat meningkatkan kemampuan bersosialisasi siswa. Disarankan kepada: 1). Siswa dapat memanfaatkan sarana dari konselor sekolah untuk membantu siswa yang ingin memecahkan masalah yang sedang dialami terkait dengan meningkatkan kemampuan bersosialisasi. 2). Kepala Sekolah, diharapkan kepala sekolah dapat memberikan fasilitas sarana dan prasarana yang mendukung program kegiatan agar layanan bimbingan konseling dapat terlaksana dengan baik khususnya bimbingan kelompok dengan teknik home room dalam meningkatkan kemampuan bersosialisasi siswa. 3). Guru BK, diharapkan mampu menjalin hubungan yang baik dengan siswa dan memberikan kesempatan siswa untuk menyampaikan permasalahannya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Drs. Arista Kiswantoro, M.Pd. Drs. Susilo Rahardjo, M. Pd. Kons.
Kata Kunci: Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Home Room, Kemampuan Bersosialisasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Jan 2021 03:43
Last Modified: 05 Jan 2021 03:43
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13045

Actions (login required)

View Item View Item