NURLAILI, ALFIDA (2020) Penerapan model inkuiri berbantuan permainan Lompat tali untuk meningkatkan hasil belajar Siswa kelas vtema 1 sdn 3 bendanpete. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal Depan)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (196kB) | Preview |
![]() |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (320kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (388kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab 4)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (99kB) | Request a copy |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (104kB) | Preview |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Inkuiri berbantuanpermainan lompat tali dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada tema 1Organ Gerak Hewan dan Manusia kelas V SDN 3 Bendanpete. Hasil Belajar merupakan kemampuan yang dimiliki oleh siswa setelah ada perubahan pengetahuan, sikap dan keterampilan siswa saat proses pembelajaran. Inkuiri adalah suatu model pembelajaran secara berkelompok, yang memiliki enam langkah dalam pembelajarannya mulai dari (1) orientasi atau penyajian masalah; (2) mengajukan hipotesis; (3) merancang percobaan; (4) melakukan percobaan; (5) mengumpulkan data dan menganalisis data; (6) menarik kesimpulan. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SDN 3 Bnedanpete Nalmsari Jepara dengan subjek penelitian adalah 23 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Inkuiri. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Hasil penelitian terdapat peningkatan keterampilan mengajar guru menggunakan model Inquiry berbantuanpermainan lompat tali pada siklus I diperoleh nilai 70.53 (baik) menjadi 79.91 (sangat baik) pada siklus II. Aktivitas belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 68.15 (kurang) menjadi 78.55 (cukup) pada siklus II. Hasil belajar siswaranah pengetahuan muatan siklus I diperoleh niali rata-rata 71.91(kurang) dan 79.21 (cukup) pada siklus II. Bedasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SDN 3 Bendanpete dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Inkuiri berbantuanpermaianan lompat tali dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada tema 1Organ Gerak Hewan dan Manusia kelas V SDN 3 Bendanpete Nalumsari Jepara.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Khamdun, S.Pd, M.Pd Pembimbing 2 Ristiyani, S.Pd, M.Pd. |
Kata Kunci: | Hasil belajar, Inkuiri, Permaianan Lompat Tali. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 05 Jan 2021 04:28 |
Last Modified: | 05 Jan 2021 04:28 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13055 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |