Peningkatan berpikir kreatif siswa dengan model mind mapping berbantuan media pop up booktema indahnya kebersamaan kelas iv sd 1 prambatan lor

SAFITRI, RATNA DWI (2020) Peningkatan berpikir kreatif siswa dengan model mind mapping berbantuan media pop up booktema indahnya kebersamaan kelas iv sd 1 prambatan lor. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (459kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (646kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, dan berpikir kreatif siswa melalui model pembelajaran Mind Mapping berbantuan media Pop Up Bookdi kelas IV tema 1 daerah tempat tinggalku di SD 1 Prambatan Lor tahun ajaran 2019/2020. Kemampuan berpikir kreatif siswa dalam studi sosial dan bahasa Indonesia mulai dari pra siklus, siklus I, siklus II. Peningkatan pembelajaran IPS siklus I meningkat 80% dengan kualifikasi (cukup), sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 96% dengan kualifikasi (sangat baik). Sedangkan pada siklus I pembelajaran Bahasa Indonesia meningkat 76% dengan kualifikasi (cukup), dan pada siklus II meningkat menjadi 92% dengan kualifikasi (sangat baik). Hasil peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran sosial dan pembelajaran bahasa Indonesia di siklus I, yang memperoleh rata-rata 78% dengan kualifikasi cukup. Sementara pada siklus II, skor rata-rata meningkat menjadi 94% dengan kualifikasi (sangat baik). Sedangkan keberhasilan dalam keterampilan mengajar guru juga mengalami peningkatan. Pada siklus I pertemuan 1 meningkat 75% dengan kualifikasi (baik), pertemuan 2 meningkat menjadi 82% dengan kualifikasi (sangat baik). Rata-rata peningkatan keterampilan guru pada siklus I yakni 77% dengan kualifikasi (baik). Pada siklus II pertemuan 1 meningkat menjadi 86% dengan kualifikasi (sangat baik), pertemuan 2 meningkat menjadi 92% dengan kualifikasi sangat baik). Rata-rata peningkatan keterampilan guru pada siklus II yakni 89% dengan kualifikasi (sangat baik). Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SD 1 Prambatan Lor dengan subjek penelitian 25 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaa, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Mind Mapping berbantuan media Pop Up Book dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada tema Indahnya Kebersamaan kelas empat SD 1 Prambatan Lor.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Murtono, M.Pd Pembimbing 2 Ristiyani, S.Pd, M.Pd
Kata Kunci: Mind Mapping,Media Pop Up Book, Berpikir Kreatif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Jan 2021 04:48
Last Modified: 05 Jan 2021 04:48
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13059

Actions (login required)

View Item View Item