Penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management untuk mengurangi perilaku agresif siswa smp negeri 4 kudus

Dewantoro, Afif (2020) Penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management untuk mengurangi perilaku agresif siswa smp negeri 4 kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Halaman Depan]
Preview
Text (Halaman Depan)
Hal Judul.pdf - Published Version

Download (581kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab I.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (792kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstrak

Perilaku agresif dalam penelitian ini adalah perilaku yang harus dihindari oleh siswa kelas VIII H SMP Negeri 4 Kudus agar tidak bermasalah seperti membantah segala perkataan yang diucapkan, dapat menyinggung perasaan orang lain, kurang mampu mengontrol emosinya, mengabaikan dan tidak memperdulikan hak orang lain, tidak suka jika dimintai tolong oleh orang lain, selalu berpikir negatif atau acuh. Layanan bimbingan kelompok teknik self management merupakan layanan dalam bimbingan dan konseling yang membantu siswa (anggota kelompok) dalam pencegahan masalah, pemeliharaan nilai-nilai atau pengembangan keterampilan hidup yang dibutuhkan, dalam hal ini adalah perilaku agresif. Tujuan dalam penelitian ini sebagai berikut 1. Untuk mendeskripsikan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management untuk mengurangi perilaku agresif pada siswa kelas VIII H SMP Negeri 4 Kudus. 2. Mendeskripsikan perilaku agresif dapat di kurangi dengan layanan bimbingan kelompok teknik self management pada siswa kelas VIII H SMP Negeri 4 Kudus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Subjek yang diteliti adalah peserta didik kelas VIII H sebanyak 8 peserta didik yang mempunyai perilaku agresif. Hasil penelitian diketahui perilaku agresif pada pra siklus memperoleh skor rata-rata 7.75 dengan kategori selalu (SL), sedangkan hasil siklus I memperoleh skor rata-rata 13.75 dengan kategori sering (SR), pada siklus II memperoleh skor rata-rata 21.8 dengan kategori tidak pernah (TP). Simpulan hasil penelitian ini terjadi pengurangan pada perilaku agresif setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik self management peserta didik kelas VIII H SMP Negeri 4 Kudus dapat diterima, hal ini terbukti setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management siklus I diperoleh skor penilaian terhadap peneliti sebesar 48.6 dengan kategori kurang, dan siklus II diperoleh skor penilaian terhadap peneliti sebesar 73 dengan kategori baik. Jadi, kegiatan layanan bimbingan kelompok teknik self management yang dilakukan peneliti meningkat sebanyak 25 skor dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Self Management dapat mengurangi perilaku agresif siswa. Disarankan kepada: 1. Siswa diharapkan siswa lebih mengontrol perilaku agresif, sehingga keinginan untuk melakukan tindakan agresif berkurang dan berangsur-angsur menghilang. 2. Peneliti dapat menjadikan penelitian ini sebagai acuan atau referensi untuk mengembangkan dan melanjutkan penelitian layanan bimbingan kelompok teknik self management untuk mengurangi perilaku agresif siswa. 3. Guru Bimbingan dan Konseling dapat melaksanakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management lanjutan untuk mengurangi perilaku agresif siswa tidak hanya untuk peserta didik kelas VIII H saja tetapi untuk peserta didik kelas lainnya, agar semua peserta didik memiliki kemampuan mengurangi perilaku agresif yang baik terhadap orang tua atau dirinya sendiri. 4. Kepala Sekolah dapat memberikan sarana dan prasarana yang mendukung dalam kegiatan bimbingan dan konseling agar konselor atau guru BK dapat membantu peserta didik yang bermasalah dengan baik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd., Kons.
Kata Kunci: Perilaku Agresif, Layanan Bimbingan Kelompok, dan Teknik Self Management.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Jan 2021 05:05
Last Modified: 05 Jan 2021 05:05
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13063

Actions (login required)

View Item View Item