FAKHRI, SAIFUL (2020) Peningkatan hasil belajar pkn melalui model pembelajaran make a match pada siswa kelas iv Sd 1 payaman kudus. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal Depan)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version Download (383kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (189kB) | Preview |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (255kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (560kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (591kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (267kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (91kB) | Preview |
Text (Lampiran 1)
LAMPIRAN SIKLUS I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran 2)
LAMPIRAN SIKLUS II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD 1 Payaman Kudus pada mata pelajaran PKn. Rendahnya hasil belajar PKn disebabkan karena pembelajaran masih menggunakan metode ceramah dan kurang mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari yang bersifat real. Berdasarkan latar belakang tersebut makapeneliti melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1)Bagaimanakah penerapan model pembelajaran Make A Macth dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran PKn materi Globalisasi kelas IV SD 1 Payaman? (2) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn materi Globalisasi kelas IV SD 1 Payaman?Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan gurudan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Make a Matchpada mata pelajaran PKn materi Globalisasi. Model pembelajaran Make a Match merupakan pembelajaran ketika peserta didik mencari pasangan sambil mempelajari suatu konsep atau topik tertentu dalam suasana yang menyenangkan. Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku siswa yang dilihat dari aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik setelah mengikuti pembelajaran. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah keterampilan guru dan hasil belajar siswa kelas IV SD 1 Payaman pada mata pelajaran PKn dapat meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SD 1 Payaman Kudus. Subjek penelitian ini adalah 34 siswa dan seorang guru yang berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Make a Match, sedangkan variabel terikatnya yaitu peningkatan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SD 1 Payaman. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisissecara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar PKn. Hal ini dapat dilihatdari terpenuhinya indikator keberhasilan sebagai berikut. (1) Persentase keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I kesiklus II meningkatdari 68% menjadi 85% dengan kriteria “sangat baik (2) Persentase ketuntasan hasil belajarklasikal pada tes evalusi siklus I 52,90% meningkat menjadi 88,24% pada tes evaluasi siklus II dengan peningkatan nilai rata-rata kelas pada siklus I 73,67 menjadi 81,03 pada siklus II. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran Make a Matchuntuk pembelajaran PKn materi globalisasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 1 Payaman tahun pelajaran 2016/2017. Saran dalam penelitian ini, siswa hendaknya aktif dalam pembelajaran baik secara individu maupun kelompok. Bagiguru hendaknya merencanakan model pembelajaran dan memilih alat peraga yang tepatsesuai materi agar mudah menjembatani siswa dalam menerima materi pelajaran.Bagi peneliti diharapkan dapat mengembangkan penelitian dengan model pembelajaran yang lain, sehingga dapat menemukan solusi pemecahan baru dalam mengembangkan pembelajaran dan meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Drs. Masturi, MM. Pembimbing 2 Deka Setiawan, S.Pd, M.Pd. |
Kata Kunci: | Hasil Belajar PKn, Make a Match |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 05 Jan 2021 06:09 |
Last Modified: | 05 Jan 2021 06:09 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13073 |
Actions (login required)
View Item |