Peningkatan hasil belajar tema 4 berbagai pekerjaan melalui model numbered head together berbasis kearifan lokal pada siswa kelas Iv sdn karangkonang

PUSPANINGRUM, PUSPANINGRUM (2020) Peningkatan hasil belajar tema 4 berbagai pekerjaan melalui model numbered head together berbasis kearifan lokal pada siswa kelas Iv sdn karangkonang. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (422kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (899kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dan keterampilan guru dalam pembelajaran tema 4 Berbagai Pekerjaan melalui model Numbered Head Together berbasis kearifan lokal berbantuan media ular tangga pada siswa kelas IV SDN Karangkonang. Hasil belajar adalah hasil yang diperoleh siswa setelah dilakukan kegiatan pembelajaran yang diberikan oleh guru sehinga siswa bisa mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam kehidupan sehari-hari. Model pembelajaran Numbered Head Together adalah model pembelajaran yang dibuat berkelompok dimana dalam satu kelompok mendapat nomor yang berbeda dari setiap nomor yang berbeda juga, model ini melatih siswa untuk saling bekerja sama, saling membantu, dan bertanggung jawab terhadap tugas kelompoknya. Kearifan lokal adalah sesuatu yang khas dari daerah seperti makanan, bahasa, ekonomi, tradisi budaya, hasil bumi, sumber daya alam, sumber daya manusia yang diangkat dalam keunggulan daerah dan menjadi ciri khas dari daerah tersebut. Media ular tangga adalah media permainan tradisional yang dilakukan secara berkelompok, dan tidak bisa dilakukan secara individu dan terdapat beberapa gambar kearifan lokal di dalamnya. Dalam penelitian ini menggunakan desain PTK dari Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahapan dalam setiap siklusnya, yaitu setiap siklusnya terdiri perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini berlangsung 2 siklus, setiap siklus terdapat 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Karangkonang, yang berjumlah 18 siswa. Variabel terikat pada penelitian ini adalah hasil belajar. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini terdiri analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian peningkatan hasil belajar siswa tema berbagai pekerjaan dan keterampilan guru. Hasil belajar ranah pengetahuan muatan Bahasa Indonesia mengalami peningkatan pada siklus I memperoleh presentase 67%, dan di siklus II memperoleh presentase 78%. Muatan IPS di siklus I memperoleh presentase 72% dan di siklus II memperoleh presentase 83%. Keterampilan guru mengalami peningkatan di siklus I memperoleh persentase 79% dengan kategori baik, sedangkan untuk siklus II memperoleh persentase 88% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan di kelas IV SDN Karangkonang, disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar tema 4 berbagai pekerjaan melalui model Numbered Head Together berbasis kearifan lokal pada siswa kelas IV SDN Karangkonang.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Imaniar Purbasari, S.Pd, M.Pd. Pembimbing 2 Mila Roysa, S.Pd, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 Jan 2021 03:05
Last Modified: 07 Jan 2021 03:05
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13090

Actions (login required)

View Item View Item