RAHAYU, TEGUH (2020) Kedisiplinan belajar siswa di sekolah (studi kasus pada siswa kelas ivsd negeri 3 bungu). Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal Depan)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (214kB) | Preview |
![]() |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (297kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (814kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (638kB) | Request a copy |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (454kB) | Preview |
![]() |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kedisiplinan belajar siswa dan faktor yang mempengaruhi kedisiplinan belajar siswa di SD Negeri 3 Bungu.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilatar belakangi adanya pelanggaran kedisiplinan siswa dalam belajar. Subjek penelitian ini yaitu 4 siswa, orang tua, dan guru kelas IV.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan metode triangulasi. Hasil penelitian menujukan adanya pelanggaran pada tiga aspek kedisiplinan yaitu aspek kewajiban siswa, larangan siswa, dan aspek berpenampilan. Pelanggaran tersebut memiliki faktor yang berasal dari guru, orangtua, dan siswa itu sendiri. Faktor dari guru yaitu a) bercerita atau membicarakan yang tidak ada hubungannya dengan materi pelajaran, b) perangkat pembelajaran masih berifat tradisional dan terkesan kurang memberi daya tarik, c) guru kurang fokus dalam menyampaikan materi, d) guru sering meninggalkan kelas, e) kurang tegassaat menegur siswa, f) guru sibuk mengoreksi pekerjaan siswa. Faktor dari orang tua yaitu a) jarang mengecek pekerjaan rumah anaknya, b) tidak memberi motivasi dan pendampingan kepada anak, c) kurang memahami kebutuhan anak dalam belajar, d)tidak memberikan penghargaan, sedangkan faktor dari siswa yaitu a) siswa belum bisa fokus belajar, b) siswa memiliki kebiasan buruk, c) siswa berperilaku tidak jujur, dan d) kesadaran terhadap aturan masih rendah. Kekurangan dalam penelitian ini adalah waktu yang digunakan dalam penelitian cukup singkat dan faktor yang mempengaruhi kedisiplinan belajar seperti faktor lingkungan seharusnya bisa diteliti agar data yang diperoleh lebih valid dan maksimal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kedisiplinan belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Bungu dalam kategori rendah, hal ini ditunjukkan dengan berbagai macam pelanggaran dan faktor-faktor yang memepengaruhinya.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Siti Masfuah, S.Pd, M.Pd., Pembimbing 2 Deka Setiawan, S.Pd, M.Pd. |
Kata Kunci: | Kedisiplinan, Belajar, Faktor, Siswa |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 07 Jan 2021 04:04 |
Last Modified: | 07 Jan 2021 04:04 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13095 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |