Peningkatan sikap ilmiah siswa melalui clis (children learning in science) berbantuan Media papan soal pada tema selalu Berhemat energi kelas iv Sd 05 jekulo

ARIYANTI, ERISHA NINDYANA NOVIA (2019) Peningkatan sikap ilmiah siswa melalui clis (children learning in science) berbantuan Media papan soal pada tema selalu Berhemat energi kelas iv Sd 05 jekulo. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (335kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (769kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (29MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar peningkatan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa, dan sikap ilmiah siswa dengan penerapan model CLISberbantuan media papan soal pada tema selalu berhemat energi kelas IV SD 05 Jekulo pada muatan IPA dan bahasa Indonesia. Model CLIS merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa dimana siswa terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran melalui kegiatan langsung. Sikap ilmiah merupakan perilaku individu dalam memecahkan suatu masalah dengan langkah-langkah ilmiah. Papan soal merupakan media dua dimensi manipulatif yang terdiri atas papan berbentuk lingkaran yangdapat diganti sesuai dengan materi pembelajaran. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model CLISberbantuan media papan soal dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa, serta sikap ilmiah siswa pada tema selalu berhemat energi kelas IV SD 05 Jekulo. Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SD 05 Jekulo dengan subjek penelitian 29 siswa yaitu di antaranya 11 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus, dengan masing-masing siklusnya terdiri atas dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah sikap ilmiah siswa dan variabel bebas yaitu model CLISdengan bantuan media papan soal. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaituwawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa, dan sikap ilmiah siswa diukur dari tiga aspek pembelajaran. Keterampilan mengajar guru pada siklus I mencapai 77,08 dan pada siklus II meningkat mencapai 87,5. Aktivitas siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata klasikal 76 sedangkan pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 86,2. Sikap ilmiah siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I nilai rata-rata klasikal 74,86 sedangkan pada siklus II nilai rata-rata klasikal mencapai 84,32. Hal ini membuktikan bahwa sikap ilmiah siswa dapat ditingkatkan melalui model CLIS berbantuan media papan soal pada tema selalu berhemat energi kelas IV SD 05 Jekulo. Simpulan pada hasil penelitian bahwa sikap ilmiah siswa dapat meningkat melalui model CLIS berbantuan media papan soal pada tema selalu berhemat energi kelas IV SD 05 Jekulo. Peneliti menyarankan dalam menerapkan model pembelajaran CLIS berbantuan media papan soal guru harus lebih terampil dan inovatif dalam meningkatkan partisipasi siswa pada kegiatan pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Fina Fakhriyah, S. Pd., M. Pd. Pembimbing 2 Imaniar Purbasari, S. Pd., M. Pd.
Kata Kunci: Sikap Ilmiah, CLIS (Children Learning in Science), Media Papan Soal
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 Jan 2021 07:17
Last Modified: 07 Jan 2021 07:17
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13102

Actions (login required)

View Item View Item