PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA 4 BERBAGAI PEKERJAAN MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING BERMUATAN KEARIFAN LOKAL BERBANTUAN MEDIA APLIKASI EDMODO PADA KELAS IV SD N DOROPAYUNG 01 KABUPATEN PATI

Tris Diantoro, Cahyo (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA 4 BERBAGAI PEKERJAAN MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING BERMUATAN KEARIFAN LOKAL BERBANTUAN MEDIA APLIKASI EDMODO PADA KELAS IV SD N DOROPAYUNG 01 KABUPATEN PATI. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Depan]
Preview
Text (Hal. Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (801kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (506kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Quantum Teaching berbantuan media aplikasi edmodo dan menemukan peningkatan keterampilan mengajar guru serta hasil belajar siswa pada muatan IPS dan Bahasa Indonesia kelas IV SDN Doropayung 01. Hasil belajar merupakan pencapaian akhir dari proses belajar mengajar. Quantum Teaching merupakan sebuah model pembelajaran yang menawarkan pengetahuan baru kepada siswa dengan cara penamaan konsep secara mandiri. Edmodo merupakan sebuah aplikasi yang mengintegrasikan sebuah kemajuan teknologi dengan pembelajaran yang menarik dengan desain media yang up to date. Hipotesis dalam penelitian ini adalah penggunaan model Quantum Teaching berbantuan media aplikasi edmodo dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Doropayung 01. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SD N Doropayung 01 Pati dengan subjek penelitian 20 siswa dan guru yang berlangsung selama 2 siklus dengan setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Keterampilan guru mengalami peningkatan pada siklus I dengan skor 80 (80%) lalu naik pada siklus II dengan skor 86 (86%). Aspek pengetahuan siswa muatan IPS meningkat dari siklus I nilai 73 persentase 70% dan siklus II nilai 75 persentase 83%. Muatan Bahasa Indonesia pada siklus I nilai 74 persentase 70% dan siklus II nilai 76 persentase 77%. Aspek keterampilan pada siklus I nilai rata-rata 72 dan persentase 78% lalu naik pada siklus II menjadi 82 dengan persentase 83%. Pembelajaran kontekstual dengan media pembelajaran dibutuhkan guna meningkatkan hasil belajar serta motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan pada kelas IV SDN Doropayung 01 dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Quantum Teaching berbantuan media aplikasi edmodo dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar siswa pada tema 4 berbagai pekerjaan, karena di setiap siklusnya mengalami peningkatan dan telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan. Penggunaan model dan media pembelajaran peneliti sarankan untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1: Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A. Pembimbing 2: Eko Widianto, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: aplikasi edmodo, hasil belajar, keterampilan guru, quantum teaching.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Feb 2021 04:07
Last Modified: 23 Feb 2021 04:07
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13310

Actions (login required)

View Item View Item