PENERAPAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISIONS BERBANTUAN MEDIA GAME CARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV TEMA 9 KAYANYA NEGRIKU DI SD 2 MLATINOROWITO

QISTHI IMAMAH, KIASATINA (2020) PENERAPAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISIONS BERBANTUAN MEDIA GAME CARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV TEMA 9 KAYANYA NEGRIKU DI SD 2 MLATINOROWITO. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Depan]
Preview
Text (Hal. Depan)
COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar IPS dan Bahasa Indonesia siswa mencakup aspek pengetahuan, aspek sikap, dan aspek keterampilan melalui diterapkannya model pembelajaran STAD berbantuan media Game Card pada tema 9 ( Kayanya Negriku) kelas IV SD 2 Mlatinorowito. Hasil belajar pada penelitian ini meliputi aspek pengetahuan dan aspek keterampilan. Model Pembelajaran STAD merupakan pengembangan dari model pembelajaran diskusi dan merupakan bagian dari salah satu model pembelajaran kooperatif. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah peningkatan keterampilan guru dan hasil belajar siswa kelas IV SD 2 Mlatinorowito. Penelitian tindakan kelas (PTK) dari Kemmis dan Mc Taggart dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Tahap tiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan evaluasi tindakan, dan refleksi. Dilaksanakan di kelas IV SD 2 Mlatinorowito dengan subjek peneliti 15 siswa. Variabel bebas dari penelitian ini adalah model pembelajaran STAD dan variabel terikat dari penelitian ini adalah hasil belajar. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan penerapan model pembelajaran STAD berbantuan media Game Card dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II dari presentase 75,83 menjadi 83,33. Hasil belajar ranah pengetahuan muatan IPS mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari presentase 87 % menjadi 93%. Sedangkan untuk muatan Bahasa Indonesia dari presentase 80 % menjadi 87%. Hasil belajar ranah keterampilan muatan IPS juga mengalami peningkatan pada siklus I dan siklus II yaitu dari presentase 70 % menjadi 89 %, sedangkan untuk mutan Bahasa Indonesia yaitu dari presentase 74,3 % menjadi 88%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model STAD berbantuan media Game Card dapat meningkatkan keterampilan guru, hasil belajar ranah pengetahuan dan hasil belajar ranah keterampilan. Saran yang diberikan yaitu guru memberikan remidi yang belum tuntas dan siswa lebih banyak berlatih.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1 : Dr. Murtono, M.Pd. Dosen pembimbing 2 : Ika Oktavianti, M.Pd
Kata Kunci: STAD ( Student Teams Achievment Divisions ), Game Card, Hasil belajar IPS dan Bahasa Indonesia, SD 2 Mlatinorowito.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Feb 2021 05:05
Last Modified: 23 Feb 2021 05:05
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13314

Actions (login required)

View Item View Item