PENINGKATAN KERJASAMA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL STAD BERBANTUAN GAMBAR DI SD 2 KANDANGMAS PADA TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN KELAS IV

VERISTYA MEISELLA, IRA (2019) PENINGKATAN KERJASAMA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL STAD BERBANTUAN GAMBAR DI SD 2 KANDANGMAS PADA TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN KELAS IV. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL. DEPAN]
Preview
Text (HAL. DEPAN)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran dengan model STAD dan peningkatan kerjasama siswa pada muatan IPS dan Bahasa Indonesia melalui penerapan model STAD berbantuan media gambar di SD 2 Kandangmas tema 1 Indahnya Kebersamaan. Kerjasama terjadi bila individu atau kelompok mempunyai kesadaran akan tujuan yang sama, sehingga timbul aktivitas yang saling menunjang, membantu untuk bersama-sama. Student Team Achievement Division (STAD) merupakan salah satu strategi pembelajaran koopratif yang didalamnya beberapa kelompok kecil siswa dengan level kemampuan akademik yang berbeda-beda saling bekerjasama untuk menyelesaikan tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SD 2 Kandangmas Kudus dengan subjek penelitian 20 siswa. STAD. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas adalah STAD, sedangkan variabel terikat adalah Kerjasama Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan guru pada muatan IPS dan Bahasa Indonesia yang cukup signifikan antara siklus I (68%) dengan kriteria perlu bimbingan dan siklus II (79%) dengan kriteria cukup, kerjasama siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I (40%) dengan kriteria perlu bimbingan dan siklus II yaitu (75%) dengan kriteria cukup. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV di SD 2 Kandangmas Kudus dapat disimpulkan bahwa penerapan model STAD berbantuan media gambar dapat meningkatkan keterampilan guru dan kerjasama siswa pada tema indahnya kebersamaan muatan IPS dan Bahasa Indonesia.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1: Dr. Murtono, M.Pd. pEMBIMBING 2: Santoso, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Kerjasama siswa, STAD, IPS dan Bahasa Indonesia.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Feb 2021 05:30
Last Modified: 23 Feb 2021 05:30
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13316

Actions (login required)

View Item View Item