The use of comic strips to teach vocabulary (an experimental research in sd n gegersimo rembang)

HAJAR HARDIYANA, FIKA (2020) The use of comic strips to teach vocabulary (an experimental research in sd n gegersimo rembang). Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Depan]
Preview
Text (Hal. Depan)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (559kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab I.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (448kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
Bab VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (91kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstrak

Di penelitian ini, Comic Strip adalah sebagai media mengajar yang termasuk seri gambar di dalam panel. Cerita di dalam Comic Strips dapat membuat siswa menjadi tertarik dan menyenangkan di dalam proses belajar. Menggunakan Comic Srips sebegai media membantu siswa lebih gampang dalam mengingat kosa kata yang ada dalam cerita Comic Strips. Itu maksudnya pengguan Comic Strips sebagai media dalam proses pengajaran Bahasa Inggris itu efektif untuk pengajaran kosa kata siswa. Kosa kata adalah salah satu hal penting dalam belajar Bahasa Inggris. Ketika siswa sudah cukup menuasai, itu tentu dapat mengdukung kemampuan mereka dalam mendengarkan, berbicara, membaca dan juga menulis. Untuk belajar dan mengingat kosa kata Bahasa Inggris itu masih sulit. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada perbedana yang signifikan antara kemampuan kosa kata siswa dari kelas lima SD N gegersimo Rembang di tahun ajaran 2019/202 sebelum dan sesudah diajar mengunakan Comic Strips atau tidak. Penelitian ini, penulis mengunakan metode kuatitatif dan eksperimen semu sebagai desain penelitian. Subjek penelitian ini adalah 22 siswa dari kelas lima SD N Gegersimo Rembang. Penulis menggunakan test sebagai intrumen penelitian. Bentuk dari test adalah pilihan ganda dengan 20 soal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata dari pre-test adalah 59.13 dan standart deviasidari pre-test adalah 6.49. Nilai rata-rata dari post-test adalah 77.04 dan standart deviasi dari post-test adalah 6.33. Nilai rata-rata post-test lebih tinggi dari pada nilai rata-rata pre-test dan standart deviasi post-test lebih rendah dari pada standart deviasi pre-test. Penulis mendapatkan t-critical adalah ±2.080. itu dapat dari level sinifikan adalah 0.05 dan degree of freedom (df) (21). Hasil menunjukkan bahwa t-obtain (t0) adalah 3.8. t-obtain (t0) lebih tinggi dari pada t-critical (t1). Maksudnya bahwa nilai siswa post-test lebih baik dari pada nilai siswa pre-test. H0 ditolakdan Ha diterima karena t-obtain (t0) jatuh di critical region. Setelah melakukan penelitian, penulis menyatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan kosa kata siswa di kelas lima SD N Gegersimo Rembang di tahun ajaran 2019/2020 sebelum dan sesudah diajar menggunakan Comic Strips. Selain itu, penulis menyarankan bahwa guru Bahasa Inggris dapat menggunakan Comic Strips sebagai media utuk mengajarkosa kata.Penerapan dari Comic Strips sebagai media dapat membantu siswa untuk mengingat kosa kata dengan mudah, dan juga menyenangkan di dalam proses belajar mengajar. Keahlian kosa kata siswa kelas lima SD N Gegersomo sesudah lebih baik dari pada sebelum pengejaran dengan Comic Strips Dan Comic Strips adalah media yang efektif untuk pengajaran kosa kata siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Dr. Fitri Budi Suryani,S.S.,M.Pd. Dosen Pembimbing 2: Muthohar,S. Pd,M.Pd.
Kata Kunci: Comic Strip, Media, Vocabulary
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 08 Apr 2021 19:36
Last Modified: 08 Apr 2021 19:36
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13546

Actions (login required)

View Item View Item