Perceptions of teaching pronunciation In english education department Of universitas muria kudus

Maulana, Nadia (2020) Perceptions of teaching pronunciation In english education department Of universitas muria kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Depan]
Preview
Text (Hal. Depan)
COVER.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (751kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB 5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (448kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
BAB 6.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (385kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Bahasa merupakan instrumen komunikasi. Tanpa bahasa akan sulit untuk menjalin komunikasi antar sesama. Pada kenyataanya masih banyak orang yang kurang baik dalam menggunakan bahasa, terlebih dalam bahasa Inggris. Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang perlu dikuasai oleh mahasiswa di era milenial ini. Pembelajaran tata cara pelafalan bahasa Inggris sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berkomunikasi dengan jelas dan baik. Untuk mengetahui seberapa efektifnya pembelajaran tersebut, diperlukan sebuah peneltian tentang persepsi dosen pengampu dan mahasiswa terhadap pembelajaran mata kuliah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan persepsi dosen dan mahasiswa semester tiga terhadap pembelajaran pronunciation Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muria Kudus Tahun Akademik 2019/2020. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data dari penelitian ini adalah persepsi terhadap pembelajaran Pronunciation, sedangkan sumber data dalam penelitian ini diambil dari 1 dosen pengampu mata kuliah Pronunciation Practice dan 20 mahasiswa semester tiga dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muria Kudus tahun akademk 2019/2020. Peneliti menggunakan kuisioner sebagai instrumen penelitian. Penelitian ini menghasilkan dua kesimpulan, yang pertama adalah dari persepsi dosen terhadap pembelajaran pronunciation. Skor persepsi dosen terhadap pembelajaran Pronunciation sangat tinggi, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pronunciation di Program studi Pendidikan Bahasa Inggris sudah sangat baik. Kesimpulan yang kedua adalah persepsi mahasiswa. Hasil penelitian persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran pronunciation juga tinggi, tandanya pembelajaran Pronunciation yang mereka dapatkan cukup baik. Penulis menyarankan kepada dosen agar lebih banyak menggunakan media musik dan video dalam pembelajaran pronunciation agar mahasiswa lebih mudah memahami materi. Untuk mahasiswa harus lebih membiasakan diri mendengarkan lagu dan menonton video yang menggunakan bahasa Inggris agar kemampuan mahasiswa meningkat. Untuk pembaca/peneliti selanjutnya, penulis berharap untuk peneliti selanjutnya dapat menjadikan penelitian ini sebagai salah satu referensi dalam penelitian mereka.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1. Rismiyanto, S.S, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2. Aisyah Ririn Perwikasih Utari, S.S, M.Pd.
Kata Kunci: Persepsi, Pronunciation, Pembelajaran Pronunciation.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 08 Apr 2021 20:10
Last Modified: 08 Apr 2021 20:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13553

Actions (login required)

View Item View Item