Hidayah, Siti Nur (2020) Analisis kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan prestasi sekolah di sdn nglangitan 2 blora. Master thesis, UMK.
Preview |
Text (Halaman Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (763kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (307kB) | Preview |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (400kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (334kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (411kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (182kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 6)
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (180kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (243kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (963kB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap hasil belajar (2) untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap prestasi sekolah (3) untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terdapah hasil belajar dan prestasi sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode field resech dan menggunakan insidental sampling. Sumber data primer melalui penyebaran kuesioner kepada guru dan siswa di SDN Nglangitan 2 sejumlah 96 responden dan data sekunder diambil dari dokumentasi dari SDN Nglangitan 2. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan regresi linier berganda. Adapun hasil temuan penelitian ini adalah pertama, terdapat pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Hasil Belajar di SDN Nglangitan 2. Hal ini terlihat dari nilai t hitung lebih besar jika dibandingakan dengan nilai t tabel (2,312 <1,986), dengan tingkat signifikan sebesar 0,028 yang berarti nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 (0,028 > 0.05). Kedua, terdapat pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Prestasi Sekolah di SDN Nglangitan 2. Hal ini terlihat dari nilai t hitung lebih besar jika dibandingakn dengan nilai t tabel (7,922 >1,986), dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 yang berarti nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 (0.000 < 0.05). Ketiga, Kepemimpinan Kepala Sekolah berpengaruh terhadap Hasil Belajar Siswa dan Prestasi Sekolah di SDN Nglangitan 2. Hal ini terlihat dari F hitung sebesar 31,221 dengan tingkat signifikasi menggunakan 0,05. Karena F hitung > F tabel (31,221>3,09). Hasil koefisien determinasi dapat diketahui bahwa besarnya Adjusted R Square sebesar 0,389 atau 38,9%. Ini artinya sumbangan pengaruh variabel independen hasil belajar dan prestasi sekolah terhadap Kepemimpinan kepela sekolah di SDN Nglangitan 2 adalah sebesar 38,9% sedangakn sisanya 61,1% dipengaruhi variabel lain di luar penelitian ini. Dari penelitian ini disarankan,bahwa: 1) kepala sekolah harus memotivasi seluruh komponen sekolah untuk meningkatkan kompetensinya sehingga kompetensi warga sekolah dapat meningkt dan berkembang dengan baik, 2) kepala sekolah memotivasi siswa agar rajin belajar, 3) prestasi sekolah merupakan hasil yang telah di capai, sehingga kepala sekolah perlu memperhatikanya.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr. Su’ad, M.Pd., Dr. Slamet Utomo, M.Pd |
Kata Kunci: | Kepemimpinan Kepala Sekolah, Hasil Belajar Siswa, Prestasi Sekolah |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Ekonomi > Magister Manajemen (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 14 Apr 2021 21:08 |
Last Modified: | 14 Apr 2021 21:08 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13590 |
Actions (login required)
View Item |