Implementasi sistem monitoring akademik siswa dan penerimaan dana program indonesia pintar (pip) menggunakan metode rational unified process (rup) berbasis website (studi kasus: mi nu miftahul falah)

AFTHONI, HAFIDZ (2020) Implementasi sistem monitoring akademik siswa dan penerimaan dana program indonesia pintar (pip) menggunakan metode rational unified process (rup) berbasis website (studi kasus: mi nu miftahul falah). Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Depan]
Preview
Text (Hal. Depan)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (828kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Madrasah Ibtidaiyah (MI) NU Miftahul Falah yang terletak di desa Kutuk Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus merupakan salah satu sekolah yang sudah memiliki berbagai fasilitas yang lengkap. Untuk saat ini, fasilitas yang di sediakan oleh pihak sekolah sangat membantu siswa dalam mendukung proses belajar mereka. Namun di samping fasilitas yang lengkap, MI NU Miftahul Falah masih memiliki kelemahan yang cukup kompleks dalam pengelolaan data, khususnya dalam monitoring akademik siswa dan pengelolaan dana Program Indonesia Pintar (PIP). Sampai saat ini, pengolahan data akademik siswa dan penerimaan dana Program Indonesia Pintar (PIP)masih menggunakan sistem manual yang belum terkomputerisasi dan penyimpanan datanya masih tersebar di setiap guru mata pelajaran yang bersangkutan serta belum adanya informasi yang up-to-date mengenai penerimaan dana Program Indonesia Pintar (PIP). Penyimpanan datanya masih menggunakan kertas yang disimpan didalam dokumen sekolah. Selain itu, tingkat masalah yang ditimbulkan sistem ini sangat banyak. Data akademik siswa di antaranya adalah data-data nilai, absen dan perilaku siswa, sedangkan pengelolaan penerimaan dana Program Indonesia Pintar (PIP) meliputi data siswa yang mendapatkan dana PIP, jumlah rupiah yang didapatkan siswa dan jadwal pengambilan dana PIP. Penyimpanan data yang kurang akurat, tercecernya data di mana-mana dan sistem penginputan data hanya mengunakan aplikasi yang ada di EXCEL. Dari permasalahan tersebut, maka dibuat suatu sistem monitoring akademik siswa dan pengelolaan penerimaan dana Program Indonesia Pintar (PIP) pada Madrasah Ibtidaiyah berbasis website untuk mengontrol akademik dan penerimaan dana Program Indonesia Pintar (PIP), dimana nantinya datanya akan diproses melalui suatu sistem terkomputerisasi sehingga orang tua/wali murid dapat lebihcepat menerima informasi tentang akademik dan penerimaan dana Program Indonesia Pintar (PIP) pada website. Metodelogi yang digunakan penulis adalah menggunakan Rational Unified Process (RUP) yang terdiri dari inception, elaboration, contructiondan transition. Metode perancangan sistem menggunakan PHP dan untuk database menggunakan MySQL, serta perancangan sistem menggunakan UML (Unified Modelling Language): Usecase Diagram, Activity Diagram, Class Diagram dan Sequence Diagram.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1. Rina Piati,S.T.,M.Cs Dosen Pembimbing: 2. Ahmad Jazali,M.Kom
Kata Kunci: Monitoring, akademik siswa, Program Indonesia Pintar, Rational Unified Process, website.
Subjects: Teknologi > Teknologi (umum) > Komunikasi informasi teknik
Teknologi > Teknologi (umum)
Program Studi: Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 Apr 2021 21:05
Last Modified: 26 Apr 2021 21:05
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13805

Actions (login required)

View Item View Item