Pola perilaku deviasi kedisiplinan belajar siswa di dalam kelas sd negeri karanganyar 2

PUTRA, HILMI MUBAROK (2020) Pola perilaku deviasi kedisiplinan belajar siswa di dalam kelas sd negeri karanganyar 2. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
1. Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (909kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
2. BAB I.pdf - Accepted Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
3. BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
5. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
6. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
7. Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (334kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
8. LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pola Perilaku Deviasi Kedisiplinan Belajar di Dalam Kelas Siswa kelas V SD Negeri Karanganyar 2, dengan rumusan masalah bentuk-bentuk perilaku deviasi kedisiplinan belajar di dalam kelas dan faktor apa saja yang mempengaruhi pola perilaku deviasi kedisiplinan belajar siswa di dalam kelas SD Negeri Karanganyar 2. Penelitian ini juga membahas tentang disiplinan belajar dan deviasi atau penyimpangan. Disiplinan belajar merupakan serangkaian sikap, tingkah laku siswa yang menunjukkan ketaatan dan kepatuhannya untuk belajar secara teratur baik di sekolah maupun di rumah atas dasar kesadaran dirinya untuk belajar tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Sedangkan deviasi atau Penyimpangan adalah tindakan yang tidak sesuai dengan kaidah dan norma-norma yang berlaku di dalam lingkungan hidup masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif sebagai tahapan dalam melaksanakan penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Karanganyar 2, dengan mengambil subjek siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data meliputi tahap observasi, wawancara, dokumentasi dan pencatatan. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif. Berdsarkan hasil penelitian, dapat disi,pulkan bahwa terjadi beberapa pelanggaran kedisiplinan belajar di dalam kelas SD Negeri Karanganyar 2 yaitu tidak memperhatikan saat pembelajaran berlangsung, membuat suara gaduh, mengganggu siswa lain, membicarakan suatu hal di luar materi pembelajran, berjalan-jalan saat pelajaran berlangsung, membaca materi yang tidak sesuai dengan materi yang diajarkan, memakai sepatu selain warna hitam/melepas sepatu saat pembelajaran berlangsung. Faktor penyebab terjadinya pelanggaran yaitu siswa yang mengulangi pelanggaran yang sama meskipun sudah ditegur. Upaya guru dalam menanamkan kedisiplinan belajar siswa antara lain: memberi keteladanan kepada siswa, melaksanakan peraturan kelas, memberi nasehat dan peringatan kepada siswa yang melanggar, dan memberi hukuman atau sanksi kepada siswa yang melanggar. Kendala dalam menanamkan kedisiplinan belajar salah satunya yaitu siswa mengulangi pelanggaran yang sama walaupun sudah diingatkan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1 Deka Setiawan, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2 Nur Fajrie, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Perilaku Deviasi, Kedisiplinan Belajar dan Sekolah Dasar
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi > Ekonomi sebagai ilmu. Hubunugan dengan subjek lain
Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Apr 2021 20:32
Last Modified: 28 Apr 2021 20:32
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13854

Actions (login required)

View Item View Item