Pengembangan model pembelajaran make a match berbantuan media puzzle untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa Kelas iv sekolah dasar

Fithroh, Fu’adatul (2020) Pengembangan model pembelajaran make a match berbantuan media puzzle untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa Kelas iv sekolah dasar. Master thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Depan]
Preview
Text (Hal. Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (940kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab I.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (533kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan model pembelajaran Make a Match berbantuan media Puzzle dan keefektifan model pembelajaran Make a Match berbantuan media Puzzle untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV di Sekolah Dasar. Penelitian pengembangan model pembelajaran Make a Match berbantuan media Puzzle untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV Sekolah Dasar. Pengembangan model pembelajaran terdiri dari empat komponen yaitu: 1) sintak, 2) sistem sosial, 3) prinsip reaksi, dan 4) dampak pengiring. Gambar media Puzzle disesuaikan dengan materi kelas IV Tema 1 Indahnya Kebersamaan, dan media ini digunakan secara mandiri maupun kelompok dalam pembelajaran. Dibalik kepingan puzzle ini terdapat selembar kertas yang berisi kartu soal atau kartu jawaban. Produk yang dihasilkan berupa modul pembelajaran. Bentuk modul pembelajaran model Make a Match berbantuan media Puzzle, meliputi ukuran buku 20 cm x 28 cm dan ukuran kertas A4. Bagian modul pembelajaran model Make a Match berbantuan media Puzzle, meliputi halaman sampul, kata pengantar, daftar isi, KI dan KD, materi pembelajaran, komponen model yang dikembangkan (sintak, sistem sosial, prinsip reaksi, dan dampak pengiring), rangkuman, dan riwayat hidup penulis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R & D) yaitu digunakan untuk menghasilkan suatu produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. langkah-langkah dalam penelitian dan pengembangan ini, diantaranya adalah potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi massal. Sumber data dapat diambil dari siswa, guru, dan ahli. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil data dari uji t menunjukkan bahwa t hitung > t tabel, yaitu 9,052 > 1,657 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan uji t tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Make a Match berbantuan media Puzzle untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV sekolah dasar efektif dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing (I) Dr. Murtono, M.Pd Dosen Pembimbing (II) Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Make a Match, media Puzzle, keterampilan berpikir kritis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Ekonomi > Magister Manajemen (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Apr 2021 22:34
Last Modified: 28 Apr 2021 22:34
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13869

Actions (login required)

View Item View Item