Pengembangan buku penilaian hots berbasis religius muatan pelajaran ipa di sekolah dasar

Mulyani, Dwi Indah (2020) Pengembangan buku penilaian hots berbasis religius muatan pelajaran ipa di sekolah dasar. Master thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Depan]
Preview
Text (Hal. Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version

Download (474kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I .pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4]
Preview
Text (Bab 4)
BAB IV .pdf - Published Version

Download (418kB) | Preview
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview

Abstrak

Kompetensi pembelajaran melakukan penilaian HOTS penting untuk dikuasai guru. Agar kompetensi guru meningkat maka perlu adanya perlakuan, tindakan atau penelitian pada guru. Penggunaan media berupa buku pnilaian HOTS berbasis religius muatan pelajran IPA dapat dijadikan alternatif perlakuan untuk meningkatkan kompetensinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) pengembangan buku penilaian HOTS berbasis religius; 2) kefektifitasan buku untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun penilaian HOTS berbasis religius muatan pelajaran IPA kelas 4 Sekolah Dasar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah buku penilaian HOTS, sedangkan variabel terikatnya adalah kompetensi guru menyusun penilaian HOTS. Hipotesisnya kompetensi guru dalam menyusun penilaian HOTS akan lebih baik setelah menggunakan buku penilaian HOTS berbasis religius. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (RnD) yang diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall dengan prosedur meliputi: 1) Identifikasi Potensi dan Masalah; 2) Pengumpulan Data; 3) Desain Produk; 4) Validasi Desain; 5) Revisi Produk I; 6) Uji Coba Produk; 7) Revisi Produk II; 8). Uji Coba Pemakaian; 9) Revisi Produk Akhir; dan 10) Diseminasi Produk. Hasil Penelitian: 1) Dihasilkan buku penilaian HOTS berbasis religius muatan pelajaran IPA kelas IV SD. Kelayakan buku ditunjukkan melalui validasi (uji materi dan media) oleh dua orang ahli materi dan media, memdapatkan skor rata-rata validasi 80,49 dengan kategori sangat baik; 2) Keefektifan penggunaan buku dibuktikan dengan uji t. Diperoleh t hitung = -9.892 < t tabel=1,72 jatuh pada daerah penerimaan Ha, maka Ha yang menyatakan bahwa efektivitas buku panduan penilaian HOTS berbasis religius terhadap kompetensi pembelajaran dalam penilaian HOTS lebih baik dari sebelum penggunaan buku panduan penilaian HOTS berbasis religius dapat diterima. Simpulan penelitian adalah penggunaan buku penilaian HOTS berbasis religius berpengaruh dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun penilaian HOTS di Sekolah Dasar. Saran dalam penelitian ini antara lain, hendaknya guru menggunakan buku penilaian HOTS berbasis ini untuk meningkatkan kompetensinya dalam penilaian HOTS.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing (I) Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd., Dosen Pembimbing (II) Dr. Slamet Utomo, M.Pd
Kata Kunci: buku, penilaian, HOTS, religius.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 May 2021 20:01
Last Modified: 07 May 2021 20:01
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13992

Actions (login required)

View Item View Item