Pengembangan bahan ajar tematik kelas vi sekolah dasar berbasis kearifan lokal

WULANDARI, RETNO (2020) Pengembangan bahan ajar tematik kelas vi sekolah dasar berbasis kearifan lokal. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
Hal Judul.pdf - Accepted Version

Download (934kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (488kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (629kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (451kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan bahan ajar tematik sekolah dasar kelas VI Tema 1 berbasis kearian lokal di Kabupaten Rembang. Metode penelitian ini mengacu pada teori Borg dan Gall, dengan menggunakan tujuh langkah pelaksanaan penelitian yakni potensi dan masalah, perencanaan penelitian, mengembangkan produk awal, validasi desain produk, revisi desain produk, uji coba produk, dan revisi hasil uji produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan angket. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatif meliputi observasi pembelajaran dan validasi produk bahan ajar. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas VI dan guru di kecamatan Rembang. Desain pengembangan bahan ajar berbasis kearifan lokal yang telah dikembangkan peneliti terdiri atas 3 bagian yakni pendahuluan, isi, dan penutup. Pada bagian isi materi terdapat gambar, data, cerita rakyat, dan peristiwa budaya di Kabupaten Rembang. Kelayakan produk dilihat dari hasil validasi ahli materi dan ahli bahasa serta dari hasil respon peserta didik dan guru. Dari proses validasi ahli materi diperoleh hasil rata-rata 3,47 dengan pesentase 87% dan kategori sangat baik. Validasi ahli bahasa memperoleh hasil 90% dengan rata-rata 3,6 dan kategori sangat baik. Untuk hasil respon guru diperoleh hasil rata-rata 3,85 jumlah skor 3466 dengan kategori sangat baik. Untuk hasil respon peserta didik diperoleh hasil rata-rata 3,94 dan jumlah skor 568 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil validasi dan dikuatkan dengan hasil respon peserta didik dan guru maka bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal Rembang dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd., Pembimbing 2 Dr. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd.
Kata Kunci: bahan ajar, tematik, kearifan lokal.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 May 2021 20:21
Last Modified: 07 May 2021 20:21
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13999

Actions (login required)

View Item View Item