Analisis Model Hubungan Komitmen dan Sikap pada Jabatan terhadap Kinerja Dosen Melalui Kepemimpinan Visioner Ketua Program Studi Universitas Muria Kudus

Taufik, - dan Aziz, Noor dan Subono, Agung (2011) Analisis Model Hubungan Komitmen dan Sikap pada Jabatan terhadap Kinerja Dosen Melalui Kepemimpinan Visioner Ketua Program Studi Universitas Muria Kudus. [Laporan penelitian] (Submitted)

[img]
Tinjau ulang
PDF (Judul) - Submitted Version
Download (23Kb) | Tinjau ulang
    [img]
    Tinjau ulang
    PDF (Daftar Isi) - Submitted Version
    Download (153Kb) | Tinjau ulang
      [img]
      Tinjau ulang
      PDF (Bab I) - Submitted Version
      Download (87Kb) | Tinjau ulang
        [img]
        Tinjau ulang
        PDF (Bab II) - Submitted Version
        Download (198Kb) | Tinjau ulang
          [img]
          Tinjau ulang
          PDF (Bab III) - Submitted Version
          Download (127Kb) | Tinjau ulang
            [img]
            Tinjau ulang
            PDF (Bab IV) - Submitted Version
            Download (361Kb) | Tinjau ulang
              [img]
              Tinjau ulang
              PDF (Bab V) - Submitted Version
              Download (70Kb) | Tinjau ulang
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (Daftar Pustaka) - Submitted Version
                Download (58Kb) | Tinjau ulang

                  Abstrak

                  Universitas Muria Kudus sebagai salah satu lembaga perguruan tinggi yang mendidik para mahasiswa menjadi sumberdaya manusia yang andal dan kompetitif, maka peran dosen yang profesional dan mampu bersaing menghadapi kepesatan kemajuan ilmu pengetahuan, memiliki kedudukan sangat strategis untuk diteliti. Penelitian terkait dengan karakteristik potensi sumberdaya manusia khususnya dosen dalam menghadapi persaingan global diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi yang bermanfaat bagi upaya perbaikan kinerja dosen di Universitas Muria Kudus di masa mendatang. Berpijak dari uraian tersebut, maka permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah model hubungan dan pengaruh komitmen, sikap pada jabatan dengan kinerja dosen melalui kepemimpinan visioner ketua program studi di Universitas Muria Kudus. Sesuai dengan rumusan masalah, penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis model hubungan dan pengaruh komitmen, sikap pada jabatan terhadap kinerja dosen melalui kepemimpinan visioner ketua program studi sebagai variabel moderating. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, dengan data primer yang diperoleh melalui quesioner dan wawancara langsung dengan para dosen tetap di Universitas Muria Kudus. Sampel yang diambil sebayak 100 responden. Analisis yang digunakan analisis faktor konfirmatori (confirmatori factor analysis ) pada SEM ( Structural Equation Modelling). Hasil formulasi dari Uji Kausalitas ( Regresson Weight) dalam penelitian ini adalah Y1 = 0,450 X1 + 0,281 X2 dan Y2 = -0,112 X1-0,056X2+ 0,332Y1. Sedangkan hasil uji determinasi yang merupakan besarnya pengaruh secara bersama-sama terhadap kinerja dosen Y2 yaitu 41,3%, yang didasarkan pada kontribusi dari tiga variabel yaitu, komitmen, sikap pada jabatan dan kepemimpinan visioner ketua program studi (Y2)sebesar 7,2% didasarkan pada kontribusi 2 variabel yaitu, komitmen dan sikap pada jabatan. Hipotesis I, yang menyatakan “ada pengaruh positif dan signifikan komitmen terhadap kepemimpinan Visioner Ketua program studi” tidak dapat diterima. Hipotesis II yang menyatakan, “ada pengaruh positif yang signifikan antara sikap pada jabatan terhadap kepemimpinan visioner ketua program studi” tidak dapat diterima. Hipotesis III yang menyatakan ”ada pengaruh positif yang signifikan antara sikap pada jabatan terhadap kinerja dosen“ tidak dapat diterima. Hipotesis IV yang menyatakan “ada pengaruh positif dan signifikan antara komitmen terhadap kinerja dosen”, tidak dapat diterima. Hipotesis V yang menyatakan, “ ada pengaruh positif dan signifikan antara Kepemimpinan visioner ketua program studi terhadap kinerja dosen,” memberikan informasi dapat diterima, dengan tingkat risk sebesar 5%.

                  Tipe dokumen: Laporan penelitian
                  Uncontrolled Keywords: Manajemen Kepemimpinan
                  Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi
                  Divisions: TIDAK DITENTUKAN
                  Depositing User: Users 2 tidak ditemukan.
                  Tanggal Deposit: 16 Sep 2011 10:56
                  Last Modified: 07 Aug 2012 10:20
                  URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14

                  Actions (login required)

                  View Item