Analisis Model Hubungan Komitmen dan Sikap pada Jabatan terhadap Kinerja Dosen Melalui Kepemimpinan Visioner Ketua Program Studi Universitas Muria Kudus

Taufik, - and Aziz, Noor and Subono, Agung (2011) Analisis Model Hubungan Komitmen dan Sikap pada Jabatan terhadap Kinerja Dosen Melalui Kepemimpinan Visioner Ketua Program Studi Universitas Muria Kudus. [Experiment] (Submitted)

[thumbnail of Judul]
Preview
PDF (Judul)
JUDUL.pdf - Submitted Version

Download (23kB)
[thumbnail of Daftar Isi]
Preview
PDF (Daftar Isi)
DAFTAR_ISI.pdf - Submitted Version

Download (157kB)
[thumbnail of Bab I]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf - Submitted Version

Download (89kB)
[thumbnail of Bab II]
Preview
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf - Submitted Version

Download (202kB)
[thumbnail of Bab III]
Preview
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf - Submitted Version

Download (130kB)
[thumbnail of Bab IV]
Preview
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf - Submitted Version

Download (370kB)
[thumbnail of Bab V]
Preview
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf - Submitted Version

Download (72kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (60kB)

Abstrak

Universitas Muria Kudus sebagai salah satu lembaga perguruan tinggi yang mendidik para mahasiswa menjadi sumberdaya manusia yang andal dan kompetitif, maka peran dosen yang profesional dan mampu bersaing menghadapi kepesatan kemajuan ilmu pengetahuan, memiliki kedudukan sangat strategis untuk diteliti. Penelitian terkait dengan karakteristik potensi sumberdaya manusia khususnya dosen dalam menghadapi persaingan global diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi yang bermanfaat bagi upaya perbaikan kinerja dosen di Universitas Muria Kudus di masa mendatang. Berpijak dari uraian tersebut, maka permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah model hubungan dan pengaruh komitmen, sikap pada jabatan dengan kinerja dosen melalui kepemimpinan visioner ketua program studi di Universitas Muria Kudus. Sesuai dengan rumusan masalah, penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis model hubungan dan pengaruh komitmen, sikap pada jabatan terhadap kinerja dosen melalui kepemimpinan visioner ketua program studi sebagai variabel moderating. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, dengan data primer yang diperoleh melalui quesioner dan wawancara langsung dengan para dosen tetap di Universitas Muria Kudus. Sampel yang diambil sebayak 100 responden. Analisis yang digunakan analisis faktor konfirmatori (confirmatori factor analysis ) pada SEM ( Structural Equation Modelling). Hasil formulasi dari Uji Kausalitas ( Regresson Weight) dalam penelitian ini adalah Y1 = 0,450 X1 + 0,281 X2 dan Y2 = -0,112 X1-0,056X2+ 0,332Y1. Sedangkan hasil uji determinasi yang merupakan besarnya pengaruh secara bersama-sama terhadap kinerja dosen Y2 yaitu 41,3%, yang didasarkan pada kontribusi dari tiga variabel yaitu, komitmen, sikap pada jabatan dan kepemimpinan visioner ketua program studi (Y2)sebesar 7,2% didasarkan pada kontribusi 2 variabel yaitu, komitmen dan sikap pada jabatan. Hipotesis I, yang menyatakan “ada pengaruh positif dan signifikan komitmen terhadap kepemimpinan Visioner Ketua program studi” tidak dapat diterima. Hipotesis II yang menyatakan, “ada pengaruh positif yang signifikan antara sikap pada jabatan terhadap kepemimpinan visioner ketua program studi” tidak dapat diterima. Hipotesis III yang menyatakan ”ada pengaruh positif yang signifikan antara sikap pada jabatan terhadap kinerja dosen“ tidak dapat diterima. Hipotesis IV yang menyatakan “ada pengaruh positif dan signifikan antara komitmen terhadap kinerja dosen”, tidak dapat diterima. Hipotesis V yang menyatakan, “ ada pengaruh positif dan signifikan antara Kepemimpinan visioner ketua program studi terhadap kinerja dosen,” memberikan informasi dapat diterima, dengan tingkat risk sebesar 5%.

Item Type: Experiment
Kata Kunci: Manajemen Kepemimpinan
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2011 03:56
Last Modified: 07 Aug 2012 03:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14

Actions (login required)

View Item View Item