Peningkatan keterampilan berbicara siswa melalui model role playing berbantuan media visual tema 6 panas dan perpindahannya kelas v sd 1 pladen

Istiqomah, Livia (2020) Peningkatan keterampilan berbicara siswa melalui model role playing berbantuan media visual tema 6 panas dan perpindahannya kelas v sd 1 pladen. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Depan]
Preview
Text (Hal. Depan)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (739kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab I.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (30MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan model Role Playing berbantuan media Visual, pada siswa kelas V SD 1 Pladen tema Panas dan Perpindahnnya Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Hipotesis tindakan ini adalah penerapan model Role playing berbantuan media Visual dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas belajar siswa, keterampilan berbicara siswa, dan nilai hasil tes evaluasi muatan pelajaran Bahasa Indonesia dan Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas V SD 1 Pladen. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 1 Pladen dengan subjek penelitian 34 siswa. Penelitian dilaksanakan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dua pertemuan, setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes evaluasi akhir siklus guna mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkannya model Role playing berbantuan media Visual. Analisis data dalam penelitian tindakan ini terdiri dari analisis data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran siklus I memperoleh persentase rata-rata keberhasilan 83% kategori baik, siklus II memperoleh rata-rata sebesar 91% kategori sangat baik. Aktivitas belajar siswa siklus I memperoleh persentase 82% kategori baik, siklus II memperoleh persentase 86% kategori baik. Keterampilan berbicara siswa pada prasiklus memperoleh rata-rata 61% kategori kurang, setelah dilakukan tindakan di siklus I memperoleh rata-rata 80% kategori baik, siklus II memperoleh persentase 86% kategori baik. Hasil tes evaluasi guna mengukur pengetahuan siswa pada muatan Bahasa Indonesia dan Ilmu Pengetahuan Sosial meningkat dari siklus I mendapatkan rata-rata nilai 71 menjadi 83 pada siklus II. Pembelajaran dalam penelitian ini sudah dikatakan berhasil dilihat dari adanya peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas belajar siswa, keterampilan berbicara siswa, dan tes evaluasi pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia dan Ilmu Pengetahuan Sosial memenuhi target yang diinginkan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing (1) Dr. Murtono, M.Pd. Dosen Pembimbing (2) Fina Fakhriyah, S.Pd.,M.Pd.
Kata Kunci: Role Playing, Media Visual, Keterampilan Berbicara Siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 May 2021 21:35
Last Modified: 07 May 2021 21:35
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14015

Actions (login required)

View Item View Item