Penerapan model teams games tournament berbantuan media unos untuk peningkatan hasil belajar siswa kelas iv sd negeri geritan pada tema 7 indahnya keragaman di negeriku

PURNANINGTYAS, ASMARA RAMADHONA IHDINASH DWI (2020) Penerapan model teams games tournament berbantuan media unos untuk peningkatan hasil belajar siswa kelas iv sd negeri geritan pada tema 7 indahnya keragaman di negeriku. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
Hal Judul.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (401kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (696kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (636kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan keterampilan guru dan peningkatan hasil belajar siswa melalui model Teams Games Tournament berbantuan media Unos pada siswa kelas IV SDN Geritan tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku. Model pembelajaran Teams Games Tournament merupakan model pembelajaran kooperatif yang melibatkan seluruh peserta didik dalam proses pembelajaran tanpa adanya membeda-bedakan peran dan mengandung unsur permainan untuk membantu siswa dalam menguasai materi pelajaran. Media Unos (Uno Stacko) merupakan suatu media yang dapat memberikan manfaat untuk anak konsentrasi yang serius dalam setiap pengambilan balok, mendorong kemampuan berpikir secara tepat dan mampu melatih visual dimana mata akan terlatih dalam menangkap bentuk, nomor, warna dari obyek. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus. Setiap siklus teridiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Geritan Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Teams Games Tournament berbantuan media Unos kelas IV SDN Geritan dapat meningktakan (1) keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh hasil 71% mengalami peningkatan di siklus II dengan hasil 87%. (2) Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan juga pada ranah sikap siklus I memperoleh 66% pada siklus II memperoleh 77%. Sedangkan hasil belajar pada ranah keterampilan siklus I memperoleh hasil 67% mengalami peningkatan di siklus II memperoleh 78%. Selanjutya hasil belajar ranah pengetahuan pada siklus I muatan Bahasa Indonesia mencapai 74% dan muatan PPKn mencapai 74% keduanya mengalami peningkatan di siklus II pada muatan Bahasa Indonesia memperoleh hasil 85% dan pada muatan PPKn memperoleh hasil 81% Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Teams Games Tounament berbantuan media Unos pada siswa kelas IV SDN Geritan tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar peserta didik. Saran, sekolah diharapkan untuk memberikan sarana dan prasarana dan memberikan pelatihan kepada guru dalam menguasai model pembelajaran media pembelajaran untuk mendukung proses belajar mengajar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1 Dr. Irfai Fathurohman, M.Pd Dosen Pembimbing 2 M. Syaffrudin Kuryanto, S.Si, M.Or
Kata Kunci: Teams Games Tounament, Media Unos, dan Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Jun 2021 19:40
Last Modified: 22 Jun 2021 19:40
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14203

Actions (login required)

View Item View Item