Pengaruh perencanaan anggaran, pelaksanaan anggaran, sumber daya manusia, pengadaan barang dan jasa dan koordinasi dengan instansi lain terhadap penumpukan penyerapan anggaran di triwulan iv studi pada opd kabupaten jepara

SYA’DIYAH, UMI (2021) Pengaruh perencanaan anggaran, pelaksanaan anggaran, sumber daya manusia, pengadaan barang dan jasa dan koordinasi dengan instansi lain terhadap penumpukan penyerapan anggaran di triwulan iv studi pada opd kabupaten jepara. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (356kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (278kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (558kB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh perencanaan anggaran, pelaksanaan anggaran, sumber daya manusia, pengadaan barang dan jasa, dan koordinasi dengan instansi lainterhadap penumpukan penyerapan anggaran di Triwulan IV Studi pada OPD Kabupaten Jepara.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif.Sampel adalah pegawai yang bertugas sebagai kepala dinas, bagian keuangan, bagian akuntansiyang berjumlah 60 respondendan pengambilan sampel menggunakanpurposive sampling.Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif statistik, uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan goodness of fit model.Hasil penelitian menunjukkan perencanaan anggaran tidak berpengaruh terhadap penumpukan penyerapan anggaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pegawai OPD ragu-ragu perencanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah di alokasikan sesuai dengan kebutuhan daerah.Pelaksanaan anggaran tidak berpengaruh terhadap penumpukan penyerapan anggaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa pegawai OPD ragu-ragu pelaksana anggaran dan infrastuktur siap dalam melaksanakan program kegiatan.Sumber daya manusia berpengaruh negatif signifikan terhadap penumpukan penyerapan anggaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pegawai OPD memiliki keyakinan bahwa pegawai OPD memiliki motivasi yang tinggi dalam pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah secara efektif.Pengadaan barang dan jasa berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap penumpukan penyerapan anggaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pegawai OPD memiliki keyakinan bahwa pengadaan barang dan jasa yang dibutuhkan pemerintah daerah dilakukan secara transparan sehingga tercipta kepercayaan timbal-balik antara pemerintah dan masyarakat.Koordinasi dengan instansi lain berpengaruh negatif signifikan terhadap penumpukan penyerapan anggaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pegawai OPD memiliki keyakinan bahwa rencana kegiatan alokasi anggaran konsisten meskipun terdapat perubahan kegiatan dengan sektor pada unit/lembaga lain.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Ashari, SE., M.Si., Akt., Pembimbing 2 Dr. Dwi Soegiarto, SE., MM.,
Kata Kunci: perencanaan anggaran, pelaksanaan anggaran, sumber daya manusia, pengadaan barang dan jasa, koordinasi dengan instansi lain, penumpukan penyerapan anggaran.
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Ilmu-ilmu Sosial > Keuangan Publik
Program Studi: Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 11 Jul 2021 20:44
Last Modified: 11 Jul 2021 20:44
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14475

Actions (login required)

View Item View Item