KARTIKASARI, DIAN WAHYU (2021) Pengembangan bahan ajar tematik berbasis pendidikan multikultural pada siswa kelas iv. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal Depan)
Halaman Depan.pdf - Accepted Version Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version Download (694kB) | Preview |
Text (Bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (234kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (467kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (181kB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuanpenelitianiniadalahmengetahuipengembangan bahan ajar berbasis pendidikan multikulturalpadasiswakelasIV pengembangan bahan ajar yaitu Pengembangan bahan pembelajaran atau bahan ajar disusun untuk menjadi salah satu referensi yang akan mendukung perkembangan peserta didik agar ada keseimbangan antara kebutuhan jasmani dan rohani. Alat bantu belajar termasuk salah satu unsur dinamis dalam belajar. Kedudukan alat bantu memiliki peranan yang penting karena dapat membantu proses belajar siswa dan dengan penelitian R&D dengan berbasis pendidikan multikultural. Dalam pengembangan pengembangan bahan ajar berbasis pendidikan multikultural agar bahan ajar yang sekarang semakin inovatif Penelitianini menggunakan Research and Development (R&D).)merupakanmetodepenelitian yang digunakanuntukmenghasilkansebuahproduktertentudanmengujikeefektifanproduk.SubyekpenelitianSD Cahaya Nur, SD 5 Gondosari, dan SD 1 Karangmalang.Teknikpengumpulan data menggunakanwawancara, observasi, tes, dokumentasi dan angket.Instrumenpenelitianberupapedomanwawancara, lembarobservasi,soaltesdandokumentasi.Teknikanalisis data menggunakananalisis data kuantitatifdankualitatif. Hasilvalidasioleh para ahlidanrespon yang diberikanolehdosen diperoleh.nilai21 dengan rata-rata 3,5atausebesar87,5% olehahlidesain. Maka instrument penilaiandinyatakanlayakuntukdigunakan.Sebabmemilikitingkatkelayakanantara 76 % - 100 % masukkategorisangatbaikatausangatlayakuntukdigunakan. Denganhasilanalisisprodukpengembanganmakadapatdisimpulkanbahwaprodukbahan ajar berbasis pendidikan multikultural memilikinilaihasilvalidasilebihdari 80% setelahdikonversikanskala4, makapersentasetingkatpencapaiantersebutberadapadatingkatkualifikasisangat valid sehinggatidakperludirevisi lagi dan efetif untukdigunakan. Dari penelitianinidisarankan, bahwa: 1) Guru, pengamatpendidikan, danpenelitihendaknyamengembangkanbahan ajar sesuaiperkembanganduniapendidikan, sertamenumbuhkankeaktifandankreatifitaspesertadidik 2) Sekolahdandewan guru hendaknyamembukadiriterhadapkegiatanpenelitian lain yang akandilaksanakanuntukmelakukaninovasipembelajaran, demi lahirnyaproduk-produkbahan ajar yang layaksebagaipendampingpembelajaranselainmenggunakanbukuindukdaripemerintah.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing (1) Dr. Drs. Slamet Utomo, M.Pd Pembimbing (2) Dr. Suad, M.Pd. |
Kata Kunci: | Pengembangan bahan ajar tematik, Pendidikan Multikultural, tema Keragaman di Negeriku. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 14 Jul 2021 20:23 |
Last Modified: | 14 Jul 2021 20:23 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14507 |
Actions (login required)
View Item |