Pengembangan bahan ajar tematik berbasis pendidikan multikultural pada siswa kelas iv

KARTIKASARI, DIAN WAHYU (2021) Pengembangan bahan ajar tematik berbasis pendidikan multikultural pada siswa kelas iv. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
Halaman Depan.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version

Download (694kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (467kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy

Abstrak

Tujuanpenelitianiniadalahmengetahuipengembangan bahan ajar berbasis pendidikan multikulturalpadasiswakelasIV pengembangan bahan ajar yaitu Pengembangan bahan pembelajaran atau bahan ajar disusun untuk menjadi salah satu referensi yang akan mendukung perkembangan peserta didik agar ada keseimbangan antara kebutuhan jasmani dan rohani. Alat bantu belajar termasuk salah satu unsur dinamis dalam belajar. Kedudukan alat bantu memiliki peranan yang penting karena dapat membantu proses belajar siswa dan dengan penelitian R&D dengan berbasis pendidikan multikultural. Dalam pengembangan pengembangan bahan ajar berbasis pendidikan multikultural agar bahan ajar yang sekarang semakin inovatif Penelitianini menggunakan Research and Development (R&D).)merupakanmetodepenelitian yang digunakanuntukmenghasilkansebuahproduktertentudanmengujikeefektifanproduk.SubyekpenelitianSD Cahaya Nur, SD 5 Gondosari, dan SD 1 Karangmalang.Teknikpengumpulan data menggunakanwawancara, observasi, tes, dokumentasi dan angket.Instrumenpenelitianberupapedomanwawancara, lembarobservasi,soaltesdandokumentasi.Teknikanalisis data menggunakananalisis data kuantitatifdankualitatif. Hasilvalidasioleh para ahlidanrespon yang diberikanolehdosen diperoleh.nilai21 dengan rata-rata 3,5atausebesar87,5% olehahlidesain. Maka instrument penilaiandinyatakanlayakuntukdigunakan.Sebabmemilikitingkatkelayakanantara 76 % - 100 % masukkategorisangatbaikatausangatlayakuntukdigunakan. Denganhasilanalisisprodukpengembanganmakadapatdisimpulkanbahwaprodukbahan ajar berbasis pendidikan multikultural memilikinilaihasilvalidasilebihdari 80% setelahdikonversikanskala4, makapersentasetingkatpencapaiantersebutberadapadatingkatkualifikasisangat valid sehinggatidakperludirevisi lagi dan efetif untukdigunakan. Dari penelitianinidisarankan, bahwa: 1) Guru, pengamatpendidikan, danpenelitihendaknyamengembangkanbahan ajar sesuaiperkembanganduniapendidikan, sertamenumbuhkankeaktifandankreatifitaspesertadidik 2) Sekolahdandewan guru hendaknyamembukadiriterhadapkegiatanpenelitian lain yang akandilaksanakanuntukmelakukaninovasipembelajaran, demi lahirnyaproduk-produkbahan ajar yang layaksebagaipendampingpembelajaranselainmenggunakanbukuindukdaripemerintah.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing (1) Dr. Drs. Slamet Utomo, M.Pd Pembimbing (2) Dr. Suad, M.Pd.
Kata Kunci: Pengembangan bahan ajar tematik, Pendidikan Multikultural, tema Keragaman di Negeriku.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Jul 2021 20:23
Last Modified: 14 Jul 2021 20:23
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14507

Actions (login required)

View Item View Item