Pengembangan bahan ajar ips Berbasis kearifan lokaldemak Pada siswa kelas iv sekolah dasar

NASHIKHA, LAILA AMMA (2021) Pengembangan bahan ajar ips Berbasis kearifan lokaldemak Pada siswa kelas iv sekolah dasar. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
Halaman Depan.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version

Download (709kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (361kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui Kebutuhan Bahan AjarIPS Berbasis Kearifan LokalDemak pada siswa kelas IV sekolah dasar, 2) Menghasilkan Bahan AjarIPS Berbasis Kearifan LokalDemak pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Dan 3) Memaparkan Kelayakan Bahan AjarIPS Berbasis Kearifan LokalDemak Pada siswa kelas IV sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) atau penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitiannya yakni kelas IV dan guru kelas IV SDN wilalung 2, SDN Wilalung 3 dan SDN Medini 1. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Hasil penelitian ini adalah guru atau siswa membutuhkan bahan ajar yang menonjolkan karakteristik daerah lingkungan sekitarnya, antar kegiatan pembelajaran materinya saling terkait, menampilkan suatu produk bahan ajar yang berbasis kearifan lokal lingkungan sekitar peserta didik. Hasil analisis data dari Validasi ahli media I sebesar 91 dengan saran pada pewarnaan gambar , Validasi ahli media II sebesar 97 dengan komentar media sudah baik dan interaktif, Validasi ahli materi I sebesar 91 dengan komentar materi sudah sesuai dengan kompetensi dasar , Validasi ahli materi II sebesar 88 dengan komentar materi sudah cukup baik dan dapat membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran. Uji coba produk dilakukan dua kali yaitu uji coba terbatas dan uji coba perluas, uji coba terbatas di lakukan di SDN Wilalung 2 dengan respon siswa sebesar 92 dan respon guru sebesar 92. Dari analisis tersebut, menunjukan bahwa media diorama sangat baik dan dan di terima. Uji coba perluas di lakukan di 2 SD yaitu SDN Wilalung 3 dan SDN Medini 1 dengan respon siswa 92 dan respon guru sebesar 87. Dari analisis tersebut, menunjukan bahwa bahan ajar sangat baik dan diterima di Sekolah. Berdasarkan dari hasil validasi ahli media, ahli materi dan tanggapan siswa maupun guru terhadap Bahan ajar IPS berbasis kearifan lokal demak dapat dinyatakan bahwa bahan ajar dinyatakan diterima dan dapat dikatakan layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing I Dr. Suad, M.Pd., Pembimbing II Dr. Sri Surachmi, M.Pd
Kata Kunci: Bahan Ajar, Kearifan Lokal,
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Jul 2021 20:34
Last Modified: 14 Jul 2021 20:34
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14508

Actions (login required)

View Item View Item