Motivasi kerja guru dalam upaya meningkatkan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional guru tk kecamatan kota Di kabupaten kudus

KODHORI, KODHORI (2021) Motivasi kerja guru dalam upaya meningkatkan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional guru tk kecamatan kota Di kabupaten kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
HAL. JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (426kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[thumbnail of Dfatar Pustaka]
Preview
Text (Dfatar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (684kB)

Abstrak

Guru sebagai salah satu unsur penting dalam pendidikan setidaknya harus memiliki empat kompetensi yaitu pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesionalyang biasanya dipengaruhi oleh motivasi kerja serta berpengaruh pada hasil belajar mengajar. Selanjutnyapenelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan bagaimana motivasi kerja yang dimiliki oleh guru TK Kecamatan Kota di Kabupaten Kudus, (2) menjelaskan apa saja upaya dalam peningkatan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional menurut guru TK Kecamatan Kota di Kabupaten Kudus, (3) mengidentifikasi apa saja hambatan dan solusi dalam upaya peningkatan kompetensi guru TK Kecamatan Kota di Kabupaten Kudus. Dalam penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study), pengambilan sampel dengan metode purposive sampling dan data disajikan dalam bentuk uraian atau deskripsi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, studi dokumentasi dan focus group discussion (FGD). Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber data dan teknik triangulasi metode. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) motivasi kerja yang dimiliki oleh guru TK Kecamatan Kota Kudus sebagai sesuatu yang munculdalamdiriseseorang, menimbulkansemangatataudoronganuntukbekerjasecara optimal dalam mencapaitujuan, berguna untuk pengembangan diri seseorang, dan berpengaruh terhadap meningkatnya kompetensi seorang guru maupun kepala sekolah. (2) Kompetensi guru meliputi kompetensi pedagogik ditingkatkan melalui kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik.Kompetensi kepribadian dengan memiliki kepribadian yang mantap, berakhlak mulia, arif, dan berwibawa serta menjadi teladan peserta didik. Kompetensi profesional menyangkutpenguasaan materi pelajaran secara luas dan mendalam yang dimiliki guru, sedangkan kompetensi sosial yaitu bagaimana guru berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan efisien dengan peserta didik, sesama guru, orangtua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar. Selanjutnya (3) Hambatan yang dialami oleh setiap guru berbeda disetiap instansi bekerja, semua berdasarkan pengalaman, waktu dan kondisi yang dijumpai. Solusi ataupun cara mengatasi masalah peningkatan kompetensi guru yang dilakukan oleh instansi yaitu dengan memberikancontohdansuritauladandaridiri sendiri, selaluberdiskusidanberkoordinasi, melakukanpendekatandanbimbingan, studi banding danpelatihanuntukmembuka mind set, sertamelakukansupervisi. Kesimpulan bahwa motivasi kerja merupakan sesuatu yang muncul dalam diri seseorang yang menimbulkan semangat atau dorongan untuk bekerja secara optimal dalam mencapai tujuan dan berguna untuk pengembangan diri termasuk kompetensi kerja. Dalam upaya peningkatan kompetensi kerja mencakup empat ranah kompetensi yaitu pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Namun, hambatan dalam upaya meningkatkan kompetensi kerja yang dialami setiap guru berbeda tergantung pada pengalaman, waktu dan kondisi yang dihadapi. Kata kunci : Motivasi kerja, Kinerja, Guru TK

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbign 1 Dr.Su’ad, M.Pd., Pembimbing 2 Dr. Drs. Achmad Hilal Madjdi, M.Pd,
Kata Kunci: Motivasi kerja, Kinerja, Guru TK
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Jul 2021 20:49
Last Modified: 14 Jul 2021 20:49
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14510

Actions (login required)

View Item View Item