Pengembangan bahan ajar Berbasis konteks dan kreativitas untuk meningkatkan literasi sains bagi siswa kelas v sekolah dasar

MULYANI, SRI (2020) Pengembangan bahan ajar Berbasis konteks dan kreativitas untuk meningkatkan literasi sains bagi siswa kelas v sekolah dasar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
Text (HAL JUDUL)
Hal Judul.pdf - Accepted Version

Download (992kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (383kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain bahan ajar yang dikembangkan, mendeskripsikan desain penerapan bahan ajar yang dikembangkan, serta menganalisis efektivitas bahan ajar berbasis konteks dan kreativitas dalam meningkatkan literasi sains bagi siswa kelas V Sekolah Dasar. Produk yang dihasilkan berupa bahan ajar yang disesuaikan dnegan konteks siswa dalam kehidupan sehari-hari, mengajak siswa menyajikan ide kreatif, dan meningkatkan literasi sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang memaparkan sepuluh langkah penelitian. Uji coba terbatas dilakukan kepada 12 siswa, kemudian uji coba skala luas dilakukan kepada 42 siswa kelas V Sekolah Dasar. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media bahan ajar. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket respon siswa dan guru pada saat uji coba terbatas dan uji coba skala luas, lembar validasi ahli media dan ahli materi. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif serta analisis uji t untuk mengetahui efektivitas bahan ajar yang dikembangkan. Hasil uji coba terbatas pada angket respon siswa dan guru menunjukkan 84% dan 74 %, sedangkan uji coba skala luas menunjukkan 86% dan 83%. Hasil validasi ahli materi menunjukkan 78%, validasi ahli media 85%. Hal ini menunjukkan jika bahan ajar yang dikembangkan baik untuk digunakan tetapi dengan revisi. Berdasarkan hasil pre test dan post test pada kelas eksperimen, hasil n-gain menunjukkan peningkatkan dalam kategori tinggi baik dari aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik. Hasil uji t menunjukkan keadaan akhir aspek afektif, kognitif dan psikomotorik sebesar 0,000 < 0,05, karena siginifikasi tersebut kurang dari 0,05. Artinya ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar aspek psikomotorik siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis konteks dan kreativitas layak digunakan dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan literasi sains siswa. Selanjutnya saran, guru diminta mengikuti pelatihan agar memahami dan menguasai model dan media pembelajaran terkini yang mendukung proses belajar mengajar. guru sebaiknya lebih kreatif untuk mengembangkan bahan ajar yang disesuaikan dengan konteks siswa dalam kehidupan sehari-hari dan kurikulum tetap sebagai acuan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing I Dr. Santoso, M.Pd., II Dr. Drs. Achmad Hilal Madjdi, M.Pd.
Kata Kunci: bahan ajar, Konteks dan Kreativitas, literasi sains
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Aspek-aspek khusus pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Sep 2021 20:08
Last Modified: 22 Sep 2021 20:08
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14806

Actions (login required)

View Item View Item