Pengaruh dewan komisaris independen, asimetri informasi, kepemilikan manajerial, dan kepemilikan institusional terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun periode 2017-2019

HIDAYATI, RULLY (2021) Pengaruh dewan komisaris independen, asimetri informasi, kepemilikan manajerial, dan kepemilikan institusional terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun periode 2017-2019. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
Text (HAL JUDUL)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (740kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (365kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (434kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstrak

Perbedaan kepentingan antara manajemen dengan pemilik perusahaan, menyebabkan pihak manajemen bersikap opportunistik dan mengakibatkan maraknya praktik manajemen laba di Indonesia. Manajemen laba diartikan sebagai perilaku manajemen yang negatif karena dianggap menyebabkan kandungan informasi laba dalam laporan keuangan tidak mencerminkan keadaan yang sebenarnya. Hal tersebut dilakukan oleh manajemen dengan cara memilih kebijakan-kebijakan akuntansi tertentu untuk dapat menaikan ataupun menurunkan laba demi kepentingan mereka sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang dianggap mempengaruhi praktik manajemen laba suatu perusahaan yaitu dewan komisaris independen, asimetri informasi, kepemilikan manajerial, dan kepemilikan institusional. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan dari perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017 sampai 2019. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive proportional sampling dan diperoleh 40 perusahaan yang disertakan dengan kurun waktu 3 tahun sehingga didapat 120 sampel yang diproses. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda disertai uji t (parsial), uji F (simultan), dan uji koefisien determinasi dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dewan komisaris independen, asimetri informasi, kepemilikan manajerial, dan kepemilikan institusional berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap manajemen laba secara simultan. Sedangkan secara parsial dewan komisaris independen berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan, dan asimetri informasi, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap manajemen laba.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1. Dr. Mokhamad Arwani, SE, MM Pembimbing 2. Dian Wismar’ein, SE, MM
Kata Kunci: dewan komisaris independen, asimetri informasi, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, manajemen laba.
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi > Ekonomi sebagai ilmu. Hubunugan dengan subjek lain
Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Program Studi: Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Sep 2021 18:41
Last Modified: 23 Sep 2021 18:41
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14831

Actions (login required)

View Item View Item