Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model make a match berbantuan media puzzle pada Tema 7 peristiwa dalam kehidupan untuk siswa Kelas v sd 3 adiwarno

W.N, AINUN FISABILILLAH DINA (2021) Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model make a match berbantuan media puzzle pada Tema 7 peristiwa dalam kehidupan untuk siswa Kelas v sd 3 adiwarno. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan] Text (Hal Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (2MB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (540kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (455kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (31MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model Make A Match berbantuan media puzzle, pada siswa kelas V SD 3 Adiwarno tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan muatan PPKn dan IPS, Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Kemampuan berpikir kritis siswa (critical thinking) merupakan cara berpikir yang masuk akal berdasarkan nalar berupa kegiatan mengorganisani, menganalisis dan mengevaluasi informasi dengan fokus untuk menentukan hasil dari apa yang dilakukan. Informasi-informasi tersebut dapat diperoleh dari hasil pengamatan, pengalaman dan komunikasi. Model Make A Match (mencari pasangan) merupakan model pembelajaran yang memiliki karakteristik siswa gemar bermain dan keaktifan siswa untuk bekerja sama mencari pasangan dengan kartu yang sesuai dengan jawaban atau pertanyaan dalam kartu tersebut dalam suasana yang menyenangkan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SD 3 Adiwarno Mejobo Kudus dengan subjek penelitian 26 siswa dan guru yang berlangsung selama 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Pada penelitian ini variabel terikatnya adalah kemampuan berpikir kritis siswa, sedangkan variabel bebasnya adalah model pembelajaran Make A Match berbantuan media puzzle. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analaisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru meningkat dalam mengelola pembelajaran siklus I memperoleh skor rata-rata 108 dengan persentase 72% kategori baik,siklus II memperoleh skor rata-rata 141 dengan persentase 94% kategori sangat baik. Kemampuan berpikir kritis siswa siklus I memperoleh skor rata-rata 935 dengan persentase 72% kategori baik, siklus II memperoleh skor rata-rata 1079 dengan persentase 85% dengan kategori sangat baik. Hasil tes evaluasi guna mengukur pengetahuan siswa setelah diterapkannya model Make A Match berbantuan media puzzle meningkat. Pada siklus I mendapatkan rata-rata skor 79 dengan persentase 73% kategori baik. Meningkat di siklus II mendapatkan rata-rata skor 81,7 dengan persentase 85% kategori sangat baik. Proses pembelajaran pada penelitian ini sudah dikatakan berhasil dilihat dari adanya peningkatan ketarampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan kemampuan berpikir kritis siswa memenuhi target yang diinginkan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Ika Ari Pratiwi, S.Pd., M.Pd Pembimbing 2 Dr. Erik Aditia Ismaya, M.A.
Kata Kunci: Make A Match, Media Puzzle, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Sep 2021 19:39
Last Modified: 28 Sep 2021 19:39
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14964

Actions (login required)

View Item View Item