Pengaruh supervisi kepala sekolah dan Motivasi kerja terhadap kinerja guru sekolah dasar Di kecamatan wonosalam kabupaten demak

MULYONO, MULYONO (2021) Pengaruh supervisi kepala sekolah dan Motivasi kerja terhadap kinerja guru sekolah dasar Di kecamatan wonosalam kabupaten demak. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (669kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (149kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (44kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (132kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (814kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisa pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru SD di Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak, 2) menganalisa pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru SD di Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak, 3) menganalisa pengaruh supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru SD di Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian expost facto. Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh guru SD di Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak dengan jumlah guru 424 orang. Pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling sebanyak 82 guru sebagai responden. Instrumen yang digunakan yaitu angket atau kuisiner. Tehnik analisis datanya adalah uji Instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), uji prasyarat analisis (uji normalitas dan uji liniaritas), dan uji hipotesis (uji simultan/uji F dan uji parsial / uji t). Adapun variabel yang diteliti adalah supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja guru sebagai variabel bebas dan kinerja guru sebagai variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan hipotesisi 1 diperoleh nilai Fhitung = 103.274 > Ftabel = 0,3921 dan nilai t test = 10.162 > t hitung = 1,9897. Besar pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru SD adalah 55,8% dengan nilai korelasi sebesar 0,751. Pada hipotesisi 2 nilai Fhitung = 265.875 > Ftabel = 3,959 dan nilai t test = 11.225 > t hitung = 1,9897. Besarnya pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru SD adalah 76,6% dengan nilai korelasi sebesar 0,877. Pada hipotesisi 3 Nilai Fhitung = 153.369 > Ftabel = 3, 112 dan besarnya pengaruh supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru SD adalah 79,5% dengan nilai korelasi sebesar 0, 892. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) ada pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru SD di Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak. 2) ada pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru SD di Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak. 3) ada pengaruh supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru SD di Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak. Saran dari peneliti kepala sekolah hendaknya meningkatkan kemampuan sebagai supervisor dan melaksanakan program supervisi secara maksimal. Bagi guru hendaknya dapat memotivasi kerjanya agar kinerja guru meningkat.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing (I) Dr. Sri Utaminingsih,M.Pd., (II) Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd.,M.A.
Kata Kunci: Supervisi Kepala Sekolah, Motivasi dan Kinerja Guru
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 29 Sep 2021 21:10
Last Modified: 29 Sep 2021 21:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15013

Actions (login required)

View Item View Item