PERAN AISYIYAH DALAM MENERAPKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN ANAK-ANAK DI DESA KEDUNGSARI

MANAF, HARITS ABDUL (2021) PERAN AISYIYAH DALAM MENERAPKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN ANAK-ANAK DI DESA KEDUNGSARI. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (590kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (189kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DaftarPustaka.pdf - Published Version

Download (108kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Aisyiyah dalam menerapkan karakter peduli lingkungan di Desa Kedungsari, menganalisis peran anggota Aisyiyah dalam menerapkan karakter peduli lingkungan dilingkungan keluarga dan untuk menganalisis proses Aisyiyah dalam menerapkan karakter peduli lingkungan di Desa Kedungsari. Aisyiyah merupakan organisasi wanita Muhammadiyah didirikan pada 19 Mei 1917 dan dalam perkembangannya sejak muktamar tahun 2005 menjadi organisasi otonom khusus dari Muhammadiyah. Aisyiyah yang berada di Desa Kedung Sari menamamkan nilai karakter peduli lingkungan kepada masyarakat. Karakter merupakan watak, perilaku atau tindakan yang melekat dalam diri manusia yang diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian ini adalah Anggota Organisasi Asyiyah dan anak-anak usia dini. Sedangkan objek yang diteliti adalah bank sampah yang dikelola oleh Organisasi Aisyiyah di Desa Kedungsari. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis model interaktif Miles dan Huberman (reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). Hasil dari penelitian ini adalah terdapat lima bentuk kepedulian terhadap Bank sampah MAWAR yaitu (1) peduli kelestarian/kesuburan tanah dengan tidak membuang sampah sembarangan. (2) pedulli kesehatan dengan meminimalisir pembakaran sampah. (3) meminimalisir penggunaan sampah plastik yang sekali pakai. (4) menggunakan bahan alami. (5) memilah sampah organik dan non organik. Penerapan peduli lingkungan dilingkungan keluarga adalah dengan (1) memberi contoh. (2)mengajak anggota keluarga untuk peduli terhadap lingkungan. (3)menciptakan lingkungan yang bersih dalam keluarga. (4)mengajak anggota keluarga untuk memilah sampah. Proses Aisyiyah dalam menerapkan karakter peduli lingkungan di desa kedungsari disampaikan melalui pengajian, kelompok tani, dan bank sampah. Kegiatan pengamalan peduli lingkungan di bank sampah dilakukan setiap 2-4 minggu sekali. Proses anggota Aisyiyah dalam menerapkan karakter peduli lingkungan di lingkungan keluarga adalah dengan keikutsertaan ibu-ibu mengikuti pembinaan dan di dalam keluarganya juga mendapatkan pembinaan dari ibunya di rumah.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1. Deka Setiawan, M.Pd Pembimbing 2. Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A
Kata Kunci: Aisyiyah, Bank Sampah, Karakter Peduli lingkungan.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 04 Oct 2021 23:29
Last Modified: 04 Oct 2021 23:29
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15067

Actions (login required)

View Item View Item