Putri, Mariska Nadya (2021) Peran pola asuh orang tua terhadap pembelajaran daring pada anak di desa plangitan pati. Sarjana thesis, UMK.
Text (HAL JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version Download (993kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (366kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (441kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (372kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (785kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (238kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (238kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (457kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini mengenai tentang peran pola asuh dan pembelajaran daring. Pola asuh orang tua merupakan perhatian dan mendidik anak dengan penuh kasih sayang dan perhatian yang akan memberikan pengaruh yang positif pada anak. Peran pola asuh orang tua terdapat emapat jenis pola asuh yaitu: demokratis, premitif, otoriter dan pelantaran. Sedangkan pembelajaran daring adalah pembelajaran yang menggunakan aplikasi media sosial yaitu: whatsapp, classroom, zoom, dimana anak belajar menggunakan salah satu media tersebut untuk memberikan pembelajaran selama pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pola asuh orang tua terhadap pembelajaran daring pada anakdi desa plangintan Pati. Bertujuan dengan rumusan masalah. Mengetahui peran pola asuh orang tua terhadap pembelajaran daring. Mengetahui jenis pola asuh apa saja yang diterapkan oleh orang tua dalam pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penetian yang menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tempat penelitian ini dilaksanakan di Desa Plangitan Pati, Kecamatan Pati. Kabupaten Pati. Adapun sumber data primer mengambil subjek orang tua desa plangitan dan anak desa plangitan. Sedangkan sumber data sekunder peneliti mendapatkan melalui buku refrensi, artikel, serta data yang mendukung. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data meliputi tahap observasi, wawancara, dokumentasi. Analisi data yang digunakan peniliti merupakan analsisi data kualitatif dengan tahapan penyajian dan verifikasi data. Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa orang tua memberikan perhatian pada anak menggunakan pola asuh demokratis. Dalam bentuk pola asuh demokratis orang tua menerapkan cara mereka mendidik, menerapkan kedisiplinan anak, memberikan perhatian, mengutamakan pendidikan dan belajar. Pola asuh orang tua yang dapat diterapkan pada orang tua mampu memberikan dorongan pada anak untuk semangat belajar sehingga anak tidak merasa bosan di saat bapak ibu guru sudah mengirim tugas pada salah satu sosial media seperti whatsapp dan classroom. Tidak hanya itu saja pola asuh otoriter juga diterapkan pada beberapa orang tua untuk membentuk jiwa yang bertanggung jawab dengan baik pada anak da nada juga yang menerapkan pola asuh premitif pada anak, bagaimana cara orang tua yang tidak peduli dan perhatian pada anak, sehingga anak tersebut tidak memiliki jiwa kepribadian yang kurang baik. Adapun saran dari peneliti bagi orang tua mampu memberikan pengasuhan dan pendidikan yang baik dan positif untuk anak sehingga anak akan lebih bersemangat belajar.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | pembimbing 1. Dr. Irfai Fathurohman, M.Pd., pembimbing 2. Deka Setiawan M.Pd |
Kata Kunci: | Peran Pola Asuh Orang Tua, Pembelajaran Daring. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 03 Oct 2021 21:41 |
Last Modified: | 03 Oct 2021 21:41 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15082 |
Actions (login required)
View Item |