WULANDARI, AMALIA RIZKI (2021) Pengaruh media pembelajaran berbasis youtube terhadap hasil belajar ipa siswa kelas v sekolah dasar tema 7 materi kalor. Sarjana thesis, UMK.
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (855kB) |
|
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (192kB) |
|
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (376kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (418kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (486kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (131kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (319kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (319kB) |
|
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (11MB) | Request a copy |
Abstrak
Proses pembelajaran dalam Kondisi pandemi covid-19 hanya bisa dilaksanakan secara daring. Hal ini menyebabkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran yang disampaikan menjadi kurang maksimal dan mempengaruhi hasil belajar siswa. Dapat dibuktikan dengan kondisi yang ditemuai di SDN Karangsari 1 dan SDN Karangsari 3. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa, dan untuk mendeskripsikan adanya pengaruh pengunaan media pembelajaran berbasis youtube terhadap hasil belajar IPA siswa. Media pembelajaran adalah suatu alat bantu yang dapat digunakan guru untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa. Media pembelajaran berbasis youtube adalah alat yang dapat digunakan guru untuk menyampaikan materi pembelajaran melalui web youtube. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimental Design dengan desain penelitian The Nonequivalent pretest-posttest control-group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Karangsari 01dan 03 yang berjumlah 26 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh karena seluruh populasi digunakan sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara untuk studi pendahuluan dan tes. Analisis data yang digunakan antara lain uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan Uji t dua sampel independent. Uji validitas dan reliabilitas untuk menguji kelayakan instrumen hasil belajar IPA. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis youtube dapat memberikan pengaruh baik terhadap hasil belajar siswa, sebagaimana didapatkan hasil belajar IPA kelas eksperimen sebesar 84,23 dan nilai rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 79,92. Maka berdasarkan data tersebut kelas eksperimen memiliki rata-rata hasil belajar IPA lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Analisis data hasil belajar menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) 0,001 < 0,05. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA kelas eksperimen dan kelas kontrol. Maka terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis youtube terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V sekolah dasar tema 7 materi kalor. Guru diharapkan dapat menggunakan media pembelajaran berbasis youtube agar pembelajaran menjadi menarik dan siswa mudah memahami materi dengan pembelajaran daring.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Drs. Masturi, MM. Pembimbing 2 Fina Fakhriyah, S.Pd, M.Pd. |
Kata Kunci: | Media Pembelajaran, Youtube, Hasil Belajar IPA |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 04 Oct 2021 22:35 |
Last Modified: | 04 Oct 2021 22:35 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15198 |
Actions (login required)
View Item |