Makna tradisi barikan bagi pendidikan karakter anak Desa sedo demak

AGUSTINA, AGUSTINA (2021) Makna tradisi barikan bagi pendidikan karakter anak Desa sedo demak. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (899kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (261kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (748kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (193kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan Tradisi Barikan di Desa Sedo Kabupaten Demak dan menggali nilai-nilai karakter yang terkandung dalam Tradisi Barikan untuk anak Sekolah Dasar. Kaitannya dengan pendidikan, Tradisi tersebut dianalisis tentang kandungan nilai-nilai karakternya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di Desa Sedo Kecamatan Demak Kabupaten Demak. Objek yang diteliti adalah Tradisi Barikan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, pemotretan dan pencatatan. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tradisi Barikan di Desa Sedo yang merupakan sebuah warisan dari leluhur masih tetap dilestarikan dengan tujuan agar tetap terjaga dan tidak punah tergerus oleh zaman. Bentuk-bentuk Tradisi Barikan terbagi menjadi 2 berdasarkan tujuan, yaitu untuk kepentingan pribadi dan kepentingan masyarakat. Kegiatan Barikan untuk kepentingan pribadi yaitu selametan sedangkan kegiatan Barikan untuk kepentingan masyarakat yaitu Barikan dan suronan. Nilai-nilai karakter yang terkandung dalam Tradisi Barikan untuk anak sekolah dasar khususnya RW 02 ada 7 yaitu nilai karakter Religius, jujur, displin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri. Nilai karakter yang terkandung dalam Tradisi Barikan didapat dari hasil observasi wawancara mendalam dengan pihak-pihak yang terkait. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai karakter Religius, jujur, displin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri. Nilai karakter yang terkandung dalam Tradisi Barikan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing (I) Dr. Erik Aditia Ismaya, M.A. (II) Deka Setiawan, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Tradisi Barikan, Masyarakat Desa Sedo
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Oct 2021 21:32
Last Modified: 06 Oct 2021 21:32
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15279

Actions (login required)

View Item View Item