Analisis motivasi belajar siswa sekolah dasar dalam pembelajaran daring di desa sadang Selama pandemi covid-19

MURSYIDAH, MURSYIDAH (2021) Analisis motivasi belajar siswa sekolah dasar dalam pembelajaran daring di desa sadang Selama pandemi covid-19. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
HALAMAN SAMPUL-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (94kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (695kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (85kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (150kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstrak

Rumusan masalah dalam penelitian ini berkenaan dengan kondisi motivasi belajar siswa sekolah dasar, kesulitan yang dihadapi siswa, orang tua, dan guru, serta bagaimanakah solusi yang tepat agar motivasi belajar siswa sekolah dasar di Desa Sadang meningkat meskipun dengan adanya penerapan pembelajaran daring selama pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan analisis motivasi belajar siswa sekolah dasar dalam pembelajaran daring di Desa Sadang Jekulo Kudus selama pandemi COVID-19. Penelitian ini membahas tentang motivasi belajar siswa sekolah dasar dalam pembelajaran daring selama pandemi COVID-19. Motivasi belajar merupakan suatu dorongan untuk belajar demi mencapai tujuan belajar. Motivasi belajar dipengaruhi oleh dua faktor yakni faktor intrinsik dan ekstrinsik. Pembelajaran daring yakni pembelajaran yang memanfaatkan teknologi internet dalam pelaksaannya. Pembelajaran daring dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja sehingga dapat mencakup masyarakat secara luas. Berdasarkan pernyataan tersebut, penelitian ini akan menganalisa motivasi belajar siswa sekolah dasar dalam pembelajaran daring selama pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini akan dilaksanakan di Desa Sadang Jekulo Kudus dengan subjek penelitian 3 siswa kelas rendah, 3 siswa kelas tinggi beserta orang tua 6 siswa tersebut, seorang guru kelas rendah dan seorang guru kelas tinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, oberservasi, dokumentasi, dan pencatatan. Hasil penelitian membuktikan bahwa motivasi belajar siswa Sekolah Dasar di Desa Sadang cenderung menurun ketika pelaksanaan penerapan pembelajaran daring selama pandemi COVID-19. Penelitian ini hendaknya peran orang tua siswa dengan guru lebih maksimal dan saling berkoordinasi lagi, sehingga siswa dapat lebih termotivasi dalam pelaksanaan pembelajaran daring.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I Dr. Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd., II Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: COVID-19, Hambatan, Motivasi Belajar, Pembelajaran Daring,
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Oct 2021 22:10
Last Modified: 06 Oct 2021 22:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15283

Actions (login required)

View Item View Item