Pengembangan media gemar math apps untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas vii pada materi segitiga dan segiempat

HEGIYAWAN, AGUSTHA DWIGICHA (2021) Pengembangan media gemar math apps untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas vii pada materi segitiga dan segiempat. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan] Text (Hal Depan)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (671kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version

Download (130kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (170kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian pengembangan media ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang dialami oleh SMP 3 Bae Kudus yaitu terbatasnya sumber belajar atau bahan ajar dan tidak adanya media pembelajaran berbasis android dan rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang hanya mencapai 51,78 dan dari hasil angket tersebut menunjukkan bahwa 79% siswa membutuhkan media pembelajaran berbasis android. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengembangkan media Gemar Math Apps sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. (2) menguji validitas Gemar Math Apps untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. (3) menguji kepraktisan Gemar Math Apps untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Media pembelajaran adalah alat yang dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran, sehingga dapat memudahkan siswa dalam menerima materi dari seorang guru. Gemar Math Apps adalah media pembelajaran berbasis android dengan materi segitiga dan segiempat srta memuat indikator pemahaman konsep matematis. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP 3 Bae Kudus, adapun langkah-langkah penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Teknik pengumpulan data meliputi wawancara dan angket. Analisis data yang digunakan meliputi analisis proses pengembangan media aplikasi, analisis validasi ahli media aplikasi dan ahli materi, serta analisis kepraktisan media aplikasi. Hasil validasi Gemar Math Apps menunjukkan kriteria valid dengan presentase 79,87%. Hasil penilaian kepraktisan guru dan siswa terhadap Gemar Math Apps menunjukan kriteria sangat praktis dengan presentase 85,08%, Hasil uji coba terhadap evaluasi kemampuan pemahaman konsep matematis telah mengalami peningkatan yang signifikan yaitu mencapai 88,06%. Berdasarkan hasil di atas, Gemar Math Apps layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika pada materi segitiga dan segiempat kelas VII. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa aplikasi Gemar Math Apps yang telah dikembangkan telah dinyatakan valid, praktis dan mampu meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambahkan beberapa materi dalam satu aplikasi dan aplikasi yang dikembangkan dapat di download pada playstore.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Himmatul Ulya, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2 Jayanti Putri Purwaningrum, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Aplikasi Gemar Math Apps, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Media pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Oct 2021 23:41
Last Modified: 06 Oct 2021 23:41
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15294

Actions (login required)

View Item View Item