Pelaksanaan model corporate social responsibility perusahaan sebagai alternatif membantu penurunan kemiskinan masyarakat Di kabupaten demak

SUROSO, WAHYU AGUS (2021) Pelaksanaan model corporate social responsibility perusahaan sebagai alternatif membantu penurunan kemiskinan masyarakat Di kabupaten demak. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (944kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (824kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (577kB)

Abstrak

Penelitian ini dengan judul Pelaksanaan Model Corporate Social Responsibility Perusahaan Sebagai Alternatif Membantu Penurunan Kemiskinan Masyarakat Di Kabupaten Demak. Jawa Tengah telah memiliki Perda khusus dalam penyaluran CSR, yakni Perda Nomor 2 Tahun 2017 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan yang selanjutnya disingkat dengan TJSLP. Ada dua skema pemanfaatan CSR, yakni berbasis kewilayahan dan sektoral. Basis kewilayahan misalnya perusahaan di suatu wilayah maka membantu masyarakat sekitar, sementara basis sektoral, misal ada perusahaan jamu maka dia membantu soal kesehatan. TJSLP ini wajib dilakukan perusahaan yang berstatus pusat, cabang atau kantor operasional yang berkedudukan di Jawa Tengah. Metode pendekatan yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah non doktrinal atau yuridis empiris. Penyusunan dan penulisan tesis ini akan dipergunakan salah satu spesifikasi penelitian yaitu deskriptif analitis. Untuk mengklasifikasikan data primer, pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara. Di dalam pembahasan tesis ini, penulis menggunakan metode analisis kualitatif Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pelaksanaannya CSR perusahaan di Kabupaten Demak telah melaksanakan 2 model yaitu model reaktif dan model proaktif. Model reaktif CSR perusahaan masih dijalankan setelah adanya tanggapan keberatan dari perusahaan atas aktivitas perusahaan yang dinilai mengganggu masyarakat sekitar. Beberapa perusahaan yang ada di Kabupaten Demak termasuk dari Kawasan Industri Berikat telah melakukan CSR yang langsung mengarah kepada kebutuhan masyarakat miskin seperti pembuatan fasilitas buang air besar atau jambanisasi, pemenuhan kebutuhan pokok, membantu di bidang pendidikan dan kesehatan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1. Dr. Dra. Sulistyowati, S.H.,C.N.,
Kata Kunci: CSR, Kemiskinan, Perusahaan
Subjects: Hukum
Program Studi: Fakultas Hukum > Magister Ilmu Hukum (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Oct 2021 22:16
Last Modified: 12 Oct 2021 22:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15356

Actions (login required)

View Item View Item