Konseling behavior dengan teknik penguatan positif untuk meningkatkan keaktifan bertanya pada siswa smk negeri 1 kudus

FITRIYANA, FAUKHATUL YUMNA (2021) Konseling behavior dengan teknik penguatan positif untuk meningkatkan keaktifan bertanya pada siswa smk negeri 1 kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan] Text (Hal Depan)
1. HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
2. BAB I.pdf - Accepted Version

Download (390kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
3. BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (629kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
4. BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
5. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (525kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
6. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (376kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
8. LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Proses pembelajaran pada hakekatnya untuk mengembangkan aktivitas dan kreatifitas peserta didik melalui berbagai interaksi dan pengalaman belajar. Untuk itu diperlukan keterlibatan dan keaktifan peserta didik dalam interaksi pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi peneliti diperoleh informasi bahwa terdapat beberapa siswa yang memiliki tingkat kekaktifan rendah, seperti: kurang bersemangat dalam menjalani pembelajaraan, hilangnya motivasi saat proses pembelajaran dikelas, cenderung pendiam. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Faktor-faktor apakah yang penyebab kurangnya keaktifan bertanya dalam pembelajaran siswa SMK Negeri 1 Kudus?, (2) Bagaimana melalui pendekatan Behavior dengan Teknik penguatan positif dapat meningkatkan keaktifan bertanya siswa di SMK Negeri 1 Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021?. Pendekatan Behavior merupakan proses konseling yang diberikan oleh konselor kepada konseli dengan mennggunakan pendekatan tingkah laku serta teknik tertentu dalam pemecahan masalah yang dihadapi konseli. Teknik penguatan positif adalah untuk mendorong konseli mencapai perubahan tingkah laku yang adaptif dengan jalam memberikan reward berupa dukungan, pujian, perhatian, rasa simpati empati. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus dengan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun subjek yang diteliti adalah siswa yaitu AJS dan SA siswa tersebut mengalami rendahnya keaktifan bertanya. Metode pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu dengan observasi dan wawancara. Hasil penelitian membuktikan bahwa konseling behavior dengan teknik penguatan positif dapat meningkatkan keaktifan bertanya siswa dalam pembelajaran, semangat belajar, kemandirian aktifitas saat pembelajaran siswa SMK Negeri 1 Kudus. Penelitian ini melalui pendekatan konseling behavior teknik penguatan positif secara keseluruhan masalah teratasi. Hal tersebut diperoleh hasil pengamatan peneliti dari proses konseling yang semula menunjukkan sikap rendahnya keaktifan bertanya seakarang sudah mulai aktif bertanya dan semangat belajar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd; Kons. Pembimbing 2 Drs. Masturi, M.M.
Kata Kunci: Konseling Behavior, Penguatan Positif, Keaktifan Bertanya
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Oct 2021 20:41
Last Modified: 12 Oct 2021 20:41
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15466

Actions (login required)

View Item View Item