IRAWATI, INDAH DWI (2021) Pengembangan aplikasi kreasi berbasis local wisdom untuk siswa kelas vii. Sarjana thesis, UMK.
Text (Hal Depan)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version Download (924kB) |
|
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (353kB) |
|
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (631kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (412kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (257kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (408kB) |
|
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (11MB) | Request a copy |
Abstrak
Permasalahan utama pada penelitian ini adalah belum tersedianya media pembelajaran matematika berbasis local wisdom di SMP N 4 Bae Kudus. Berdasarkan angket yang diisi siswa, sebanyak 68% siswa tidak tertarik untuk belajar matematika dan hanya 36% siswa hasil belajarnya di atas KKM yang menyebabkan rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa. Hal tersebut dikarenakan kurangnya media pembelajaran lain yang digunakan dalam belajar matematika dan pelaksanaan pembelajaran matematika tidak mengkaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari. Hasil observasi juga menyatakan 66% pelaksanaan pembelajaran matematika tidak mengkaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) mengembangkan aplikasi KREASI berbasis local wisdom untuk siswa kelas VII (2) menguji kevalidan Aplikasi KREASI berbasis local wisdom untuk siswa kelas VII (3) menguji kepraktisan Aplikasi KREASI berbasis local wisdom untuk siswa kelas VII. Penelitian Research and Development (R&D) ini dilaksanakan di kelas VII-A SMP N 4 Bae Kudus. Adapun langkah-langkah penelitian ini antara lain: (1) penelitian dan pengumpulan informasi; (2) perencanaan; (3) pengembangan format awal produk; (4) uji lapangan awal; (5) melaksanakan revisi produk awal. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara dan tes angket. Analisis data yang digunakan meliputi analisis proses pengembangan, analisis kevalidan dan analisis kepraktisan. Penggunaan Aplikasi KREASI berbasis local wisdom dalam penelitian ini digunakan selama kegiatan pembelajaran matematika yang meliputi kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Aplikasi KREASI ini berisi tentang materi Aritmatika Sosial dan evaluasinya berupa soal berpikir kreatif yang dikaitkan dengan budaya atau tradisi yang ada di kudus. Tujuannya adalah agar siswa tidak hanya belajar matematika tetapi juga belajar tentang kearifan lokal, sehingga pembelajarannya lebih bermakna. Adapun keunggulan aplikasi KREASI dengan aplikasi lainnya yaitu aplikasi ini lebih interaktif dan mudah dalam penggunaanya. Hasil validasi aplikasi KREASI menunjukkan bahwa aplikasi termasuk dalam kriteria valid dengan skor 3,1. Hasil penilaian kepraktisan guru dan siswa, guru menyatakan aplikasi termasuk dalam kriteria praktis dengan skor 3 dan penilaian siswa menyatakan aplikasi termasuk dalam kriteria praktis dengan skor 3,2. Hal tersebut menunjukkan bahwa aplikasi KREASI valid dan praktis dan dapat membantu siswa belajar materi aritmatika sosial.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Savitri Wanabuliandari, S.Pd., M.Pd Pembimbing 2 Dr. Sumaji, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Aplikasi KREASI, Local Wisdom, Berpikir Kreatif |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 19:01 |
Last Modified: | 13 Oct 2021 19:01 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15489 |
Actions (login required)
View Item |