Rizal, Ahmat Fatoni (2021) Pengembangan e-modul berbasis etnomatematika untuk menumbuhkan kemampuan komunikasi matematis dan minat belajar siswa. Sarjana thesis, UMK.
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
|
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (241kB) |
|
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (976kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (560kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (131kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (303kB) |
|
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (12MB) | Request a copy |
Abstrak
Permasalahan yang terjadi di SMP N 2 Nalumsari Jepara didapatkan hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa sebesar 46,89%. Rendahnya kemampuan komunikasi matematis juga disebabkan kurang tertariknya siswa pada pembelajaran matematika. Hasil analisis angket menunjukkan hanya 49,79% siswa yang minat dan tertarik belajar matematika. Hasil wawancara guru mengungkapkan rendahnya minat belajar disebabkan guru hanya menggunakan media pembelajaran sederhana sehingga minat belajar siswa masih kurang. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) mengembangkan E-modul Berbasis Etnomatematika untuk siswa SMP kelas VII, 2) menganalisis validitas E-modul berbasis etnomatematika untuk siswa SMP kelas VII, 3) menganalisis kepraktisan E-modul berbasis etnomatematika untuk siswa SMP kelas VII. Jenis Penelitian Research and Development (R&D) ini dilaksanakan di kelas VII SMP N 2 Nalumsari Jepara dengan subjek penelitian guru kelas VII dan siswa kelas VII I. Model penelitian ini menggunakan model ADDIE dengan langkah-langkah sebagai berikut Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluation (evaluasi). Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, tes, dan angket. Analisis data yang digunakan meliputi proses pengembangan, analisis validitas e-modul dan analisis kepraktisan e-modul. Proses pengembangan yang dilakukan untuk menghasilkan e-modul berbasis etnomatematika ini sebagai berikut: a) Analisis kebutuhan, b) desain (perencanaan), c) pengembangan, d) hasil validasi e-modul, e) hasil uji coba skala terbatas, f) hasil uji coba sakala luas yaitu hasil analisis kepraktisan e-modul. E-modul berbasis etnomatematika berisi mengenai materi segiempat dan segitiga yang dikaitkan dengan unsur kebudayaan Jawa Tengah. E-modul berbasis etnomatematika berisi beberapa fitur-fitur yang lebih menarik yaitu Pengetahuan Budaya Jawa Tengah (PANDAWA), Sekilas Materi (SEMAR), Latihan Soal Mandiri (LARASATI) yang berisi mengenai soal latihan berbasis kemampuan komunikasi matematis. Hasil penelitian validasi menunjukkan bahwa e-modul dinyatakan pada kriteria valid dengan skor 3,24. Hasil uji kepraktisan guru mendapatkan skor 3,26 dan kepraktisan siswa mendapatkan skor 3,30. Hal tersebut menunjukkan bahwa e-modul berbasis etnomatematika valid dan praktis. Guru dapat menggunakan e-modul dalam kegiatan pembelajaran matematika pada materi segiempat dan segitiga.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | pembimbing 1 Jayanti Putri Purwaningrum, S.Pd., M.Pd Pembimbing 2 Ratri Rahayu, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | E-Modul, Etnomatematika, Kemampuan Komunikasi Matematis, Minat Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 19:06 |
Last Modified: | 13 Oct 2021 19:06 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15491 |
Actions (login required)
View Item |