Analisis peran program adiwiyata terhadap ekoliterasi siswa sd 1 purwosari Kabupaten kudus

MAULANA, MUHAMMAD ANDRIAN (2021) Analisis peran program adiwiyata terhadap ekoliterasi siswa sd 1 purwosari Kabupaten kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (779kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (318kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (379kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan Program Adiwiyata di SD 1 Purwosari Kabupaten Kudus dan menganalisis kemampuan ekoliterasi siswa SD 1 Purwosari Kabupaten Kudus sebagai sekolah Adiwiyata. Hasil analisis kebutuhan menunjukan hasil bahwa siswa berpartisipasi dalam kegiatan Adiwiyata namun masih ada beberapa program yang kurang melibatkan siswa. Siswa juga masih ada yang membuang sampah tidak pada tempat sampah Ekoliterasi adalah kemampuan seseroang untuk memahami dan mengenali kondisi lingkungan di sekitarnya serta bertindak dan beradaptasi dengan lingkungan tersebut tanpa merusak ekosistem yang ada. Melalui program Adiwiyata diharapakan mampu mengembangkan ekoliterasi siswa. Adiwiyata adalah program yang diciptakan oleh Kementrian Lingkungan Hidup bersama Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang memiliki tujuan untuk menciptakan sekolah yang peduli dan berbudaya terhadap lingkungan. Sekolah yang peduli dan berbudaya terhadap lingkungan di sebut Sekolah Adiwiyata. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di SD 1 Purwosari dengan subjek penelitian 24 siswa dari kelas tinggi 3 guru kelas dan 1 Kepala Sekolah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi dan catatan insidental. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Analisis data menggunakan model interaktif menurut Miles dan Huberman yaitu data reduction, data display dan conclusion drawing. Hasil penelitian menunjukan bahwa program Adiwiyata di SD 1 Purwosari dilaksanakan sesuai dengan empat komponen pelaksanaan Adiwiyata. Ekoliterasi siswa dibentuk melalui pelaksanaan ecopedagogy dan budaya sekolah yang dilakukan secara konsisten. Hal ini dibuktikan ekoliterasi siswa kelas 4, 5 dan 6 yang cukup baik pada beberapa ranah ekoliterasi. Ekoliterasi siswa pada ranah head dan hands masih perlu ditingkatkan. Program Adiwiyata yang sudah berjalan dengan baik hendaknya terus dilaksanakan dan dikembangkan agar ekoliterasi dapat selalu dimiliki oleh warga sekolah khususnya siswa sehingga tercipta suasana lingkungan sekolah yang nyaman tanpa merusak lingkungan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I Dr. Mohammad Kanzunnudin, S.Pd., M.Pd; II Siti Masfuah, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Ekoliterasi, Adiwiyata, Sekolah Adiwiyata
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 Oct 2021 19:36
Last Modified: 20 Oct 2021 19:36
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15641

Actions (login required)

View Item View Item