Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa kelas iv sd n ngegot melalui pembelajaran daring

SULISTIANI, IRMA (2021) Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa kelas iv sd n ngegot melalui pembelajaran daring. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (224kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (199kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis tinggi, sedang, dan rendah dalam pembelajaran daring di SD N Ngegot, Kecamatan Mijen Kabupaten Demak. Kesulitan siswa dalam memahami materi terkait matematika pada saat pembelajaran daring yaitu siswa masih salah dalam menyelesaikan soal dan kurang teliti dalam menuliskan langkah penyelesaian soal. Penelitian ini membahas mengenai kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran daring. Kemampuan komunikasi matematis adalah kemampuan siswa untuk mempresentasikan permasalah atau ide dalam matematika dengan menggunakan benda nyata, gambar, grafik, atau tabel, serta dapat menggunakan simbol matematika. Pembelajaran daring adalah suatu pembelajaran jarak jauh yang menggunakan media internet sebagai perantara atau penghubung antara guru dengan siswa yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD N Ngegot yang berjumlah 6 siswa dengan berdasarkan siswa dengan hasil prestasi belajar tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan analisis hasil pekerjaan soal siswa, wawancara, dan studi dokumentasi. Penelitian ini menggunakan keabsahan data dengan cara triangulasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IV SD N Ngegot selama pembelajaran daring dikategorikan menjadi 3, kemampuan komunikasi matematis dengan tinggi, sedang, dan rendah. Dari 6 subjek yang dianalisis, peneliti mendapat hasil bahwa siswa dengan kemampuan komunikasi matematis tinggi dalam pembelajaran daring hanya berjumlah 1 siswa dimana siswa menguasai 5 indikator, siswa dengan kemampuan komunikasi matematis sedang berjumlah 2 siswa dimana siswa mampu menguasai 3 dari 5 indikator. Serta siswa dengan kemampuan komunikasi matematis rendah dalam penelitian ini hanya berjumlah 3 siswa yang hanya mampu menguasai 2 dari 5 indikator. Pada penelitian ini hendaknya guru mampu menguasai teknik pembelajaran menggunakan ICT ((Information Communication Technology), serta guru dapat memberikan motivasi dan dorongan agar siswa dapat berperan aktif selama pembelajaran daring berlangsung.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing (1) Santoso, S.Pd, M.Pd. (2) Himmatul Ulya, S.Pd, M.Pd..
Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pembelajaran Daring
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 Oct 2021 19:42
Last Modified: 20 Oct 2021 19:42
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15643

Actions (login required)

View Item View Item