Analisis nilai karakter pada tradisi ngalungi sapiuntuk pembelajaran anak sekolah dasar di desa mojowarno kecamatan kaliori Kabupaten rembang

YULIANA, LILIK (2021) Analisis nilai karakter pada tradisi ngalungi sapiuntuk pembelajaran anak sekolah dasar di desa mojowarno kecamatan kaliori Kabupaten rembang. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan] Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (258kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk menganalisisnilai karakter dalam pelaksanaan tradisi Ngalungi Sapidi Desa Mojowarno dan menganalisis implementasi nilai karakter pada tradisi Ngalungi Sapiuntuk pembelajaran anak Sekolah Dasar. Nilai karakter merupakan nilai-nilai yang ditanamkan dalam pendidikan karakter anak Sekolah Dasar sebagai upayaterwujudnya tujuan pendidikan nasional. Nilai karakter ini terbentuk melalui nilai-nilai budaya yang secara turun temurun diwariskan melalui tradisi. Salah satu tradisinya yaitu tradisi Ngalungi Sapi yang termasuk budaya lokal yang keberadaannya tidak dibatasi oleh wilayah administratif.Hal ini dikarenakan tradisi Ngalungi Sapi tidak hanya terjadi dalam satu wilayah Kabupaten Rembang, namun juga terjadi dikabupaten sekitar Kabupaten Rembang.Fokus penelitian ini pada tradisi Ngalungi Sapisebagai sarana pembelajaran nilai karakter pada anak Sekolah Dasar. Jenispenelitian ini penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.Penelitian ini dilaksanakan peneliti untuk anak Sekolah DasarDesa Mojowarno dengan Desa Mojowarno, Kecamatan Kaliori, Kabupaten Rembang sebagai tempat penelitian. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan pencatatan. Analisis data penelitian kualitatif yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai karakter religus dan nilai cinta damai dalam pelaksanaan tradisi Ngalungi Sapidi Desa Mojowarno dan telah terimplementasi dalam pembelajaran sekolah dan kehidupan sehari-hari anak Sekolah Dasar Desa Mojowarno dengan perilaku siswa yang suka berdoa, bersedekah dan berbagi jajan dengan teman serta persepsi siswa terhadap tradisi sudah baik.Berdasarkan penelitian ini, masyarakat Desa Mojowarno hendaknya tetap melestarikan tradisi, menyadariarti penting dan meresapi nilai-nilai karakter dalam pelaksanaantradisi bagi kehidupan sosial masyarakat. Sedangkan guru hendaknya memperkenalkan Tradisi Ngalungi Sapi sebagai wujud kebudayaan lokal desa sehingga peserta didik dapat mengenal dan tertarik untuk terus melestarikan tradisi tersebut. Nilai-nilai karakter yang terkandung pun harus diangkat sebagai pembelajaran di sekolah, agar pengenalan terhadap tradisi lebih mudah dipahami oleh peserta didik. Bagi penelitian selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan rujukan dan bahan pertimbangan untuk lebih memperdalam penelitian selanjutnya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd., Pembimbing 2 Siti Masfuah, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Budaya Lokal; Kebudayaan; Ngalungi Sapi; Pendidikan Karakter; Tradisi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 Oct 2021 22:05
Last Modified: 20 Oct 2021 22:05
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15689

Actions (login required)

View Item View Item