AZIZAH, NIKEN AYU NOOR (2021) Pengembangan media pembelajaran aperska berbasis kemampuan koneksi matematis siswa smp kelas vii. Sarjana thesis, UMK.
Text (HAL JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (910kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (232kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (353kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (124kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (151kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (15MB) |
Abstrak
Permasalahan yang terjadi di SMP 5 Kudus adalah pada kemampuan koneksi matematis yang rendah dikarenakan kurangnya bahan ajar. Hasil angket yang telah diisi siswa kelas VII SMP 5 Kudus siswa yang tertarik dan aktif dalam pembelajaran matematika sebanyak 57%, hal itu mempengaruhi kemampuan koneksi matematis siswa yang rendah dengan nilai 51. Sebanyak 72% siswa membutuhkan media pembelajaran yang interaktif berupa aplikasi android Aperska. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) mengembangkan media pembelajaran Aperska berbasis kemampuan koneksi matematis siswa SMP kelas VII; (2) menguji validitas media pembelajaran aperska berbasis kemampuan koneksi matematis siswa SMP kelas VII; (3) menguji kepraktisan media pembelajaran aperska berbasis kemampuan koneksi matematis siswa SMP kelas VII. Penelitian Research and Development (R&D) ini dilaksanakan dikelas VII-A SMP 5 Kudus. Adapun langkah-langkah penelitian ini menggunakan model ADDIE antara lain: (1) Analyse; (2) Design; (3) Development; (4) Implementation; (5) Evaluation. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara dan angket. Instrument penelitian meliputi lembar wawancara (studi pendahuluan, analisis kebutuhan, uji skala terbatas, kepraktisan), lembar angket (studi pendahuluan, validasi ahli materi dan media, dan kepraktisan). Sedangkan analisis data yang digunakan penelitian meliputi analisis proses pengembangan media pembelajaran, validasi media pembelajaran, dan kepraktisan media pembelajaran. Dalam penggunaan media pembelajaran Aperska penelitian ini digunakan selama kegiatan pembelajaran matematika yang meliputi bagian pendahuluan, bagian inti, dan bagian penutup, serta beberapa fitur menarik yaitu MATPOK (Materi Pokok), MEJA (Mencoba Jawab), dan Evaluasi. Adapun kelebihan aplikasi ini dengan aplikasi lainnya yaitu aplikasi ini interaktif, yang berisi tentang kemampuan koneksi matematis yang dikaitkan dengan materi perbandingan untuk siswa SMP. Hasil dari validasi media pembelajaran Aperska menunjukkan bahwa media pembelajaran termasuk dalam kategori valid dengan skor 3,1. Hasil dari penilaian kepraktisan guru dan siswa, guru menyatakan media pembelajaran Aperska praktis dengan skor 3,4 dan penilaian siswa menyatakan media pembelajaran Aperska termasuk dalam kriteria praktis dengan skor 3,4. Berdasarkan hasil rekapitulasi diatas, media pembelajaran Aperska dinyatakan valid dan praktis. Media pembelajaran Aperska membantu siswa dalam belajar materi perbandingan. Pada penelitian ini belum sampai dilakukan sampai uji skala luas dan perlu dilakukan lebih lanjut sampai tahap evaluasi.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1. Himmatul Ulya, S.Pd., M.Pd Pembimbing 2. Savitri Wanabuliandari, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Media Pembelajaran Aperska, Kemampuan Koneksi Matematis |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 20 Oct 2021 22:12 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 22:14 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15694 |
Actions (login required)
View Item |