Penerapan konseling trait and factor dalam Membantu siswa memantapkan pilihan jurusan Di sma/smk pada siswa kelas ix a smp n 3 bae

DEWI, MILASARI (2021) Penerapan konseling trait and factor dalam Membantu siswa memantapkan pilihan jurusan Di sma/smk pada siswa kelas ix a smp n 3 bae. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
1. HLM COVER.pdf - Published Version

Download (5MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (5MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
3. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
4. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
4. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
6. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
8. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Dalam pemilihan jurusan, perlu mengetahui dari aspek pribadi dan belajar klien telebih dahulu sebelum dapat memutuskan dan yakin dengan satu pilihan jurusan di sekolah yang diminati. Oleh karena itu, dalam pemilihan dan pemantapan jurusan perlu peran bimbingan dan konseling untuk membantu siswa mengenali minat dan potensinya dalam memilih. Hal tersebut sesuai dengan judul yang peneliti angkat, penerapan trait and factor dalam membantu siswa memantapkan pilihan jurusan di SMA/SMK pada siswa kelas IX A SMP N 3 BAE. Tujuan penelitian, yaitu: (1) Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pemantapan jurusan pada siswa kelas IX A SMP N 3 Bae dan (2) Mendeskripsikan penerapan konseling trait and factor untuk membantu siswa kelas IX A SMP N 3 bae dalam meningkatkan pemantapkan pilihan jurusan di SMA/SMK. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Studi kasus adalah teknik yang digunakan untuk memahami individu secara mendalam. Dalam pelaksanaan metode menggunakan 6 tahap konseling trait and fakcor dan menggunakan layanan konseling individu kepada tiga siswa kelas IX A. Pengumpulan data dilakukan dengan non tes, seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan setelah mendapatkan layanan konseling. Sebelum konseling, siswa masih bingung untuk memilih satu pilihannya dan ragu dengan kemampuannya di jurusan pilihannya. Terdapat faktor internal dan eksternal yang membuat siswa ragu dan bingung. Faktor yang mempengaruhi, yaitu minat, konsep diri, motivasi internal, orang tua, dan ekonomi. Setelah mendapatkan layanan konseling, siswa lebih yakin dengan pilihannya, dapat menentukan pilihan jurusannya sesuai minat dan kemampuan yang dimiliki. Berdasarkan hasil penelitian, konseling trait and factor dapat membantu siswa memutuskan pilihannya dan yakin dengan pilihannya. Peneliti memberikan saran kepada siswa dan guru BK. Untuk siswa, sebaiknya mempertimbangkan kemampuan dirinya dalam memilih, menggali informasi dahulu, dan tidak dari ketertarikannya pada jurusan saja. Untuk guru BK, sebaiknya lebih memantau perkembangan siswa dan mengarahkan siswa dalam pemilihan sekolah dan jurusan. Untuk peneliti, dapat mengembangkan penelitiannya dengan teknik tes.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1. Dr. Santoso, M.Pd Pembimbing 2. Drs. Sucipto, M.Pd., Kons.
Kata Kunci: Memantapkan jurusan, Trait And Factor.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 Oct 2021 23:53
Last Modified: 20 Oct 2021 23:53
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15751

Actions (login required)

View Item View Item