Penanaman nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari anak sekolah dasar di dukuh godang rw 09 kecamatan gembong kabupaten pati

SAHAR, SEPTIANA (2021) Penanaman nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari anak sekolah dasar di dukuh godang rw 09 kecamatan gembong kabupaten pati. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (623kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (428kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (611kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (536kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (792kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (380kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penanaman nilai-nilai Pancasila berdasarka bunyi sila kelima, mengetahui sikap keadilan anak sekolah dasar dalam kehidupan sehari-hari, mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila serta mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari siswa di Dukuh Godang RT 01/RW 09 pada tahun ajaran 2020/2021. Orang tua dapat memberikan contoh yang baik mengenai penerapan nilai-nilai Pancasila di kehidupan sehari-hari supaya anak dapat menanamkan sejak dini. Penanaman nilai-nilai Pancasila berdasrakan bunyi sila kelima dapat di terapkan di lingkungan masyarakat maupun di lingkungan keluarga dengan cara mempraktikkan dalam sekitar kita dengan teman bermain, maupun dapat diterapkan di lingkungan rumah dengan orang tua dan lingkungan masyarat. Adapun nilai-nilai Pancasila berdarkan keadilan sosial anak dapat menciptakan sifat adil kepada orang disekitarnya. Adapun orang tua dapat mencontohkan sifat nilai-nilai Pancasila berdasarkan keadilan sosial dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilaksanakan di Dukuh Godang RW 09 Kecamatan Gembong Kabupaten Pati tahun ajaran 2020/2021. Dengan mengambil subjek anak sekolah dasar, orang tua, tetangga sekitar, ketua RW 09, teman bermain dan anak sebagai subjek penelitian. Peneliti ini mengunakan teknik pengumpulan data dengan meliputu tahap observasi, wawancara, dokumentasi, maupun catatan lapangan. adapun analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai sia ke lima Pancasila dalam kehidupan sehari-hari anak di Dukuh Godang RW 09 Menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di rumah maupun di lingkungan masyarakat, orang tua selalu mengajarkan anak untuk berbuat baik saat di rumah, supaya anak dapat berperilaku yang baik dan mempunyai sifat sopan santun terhadap orang yang lebih tua. Mengimplementasikan Nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari anak sekolah dasar memberikan contoh yang baik supaya mempunyai sifat yang adil dan tidak membeda-bedakan teman saat bermain dan dapat menghargai perbedaan ras, suku, dan agama. Faktor-faktor yang mempengaruhi anak dalam mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di rumah maupun di lingkungan masyarakat. Adapun faktor yang mempengaruhi anak dalam kurangnya menghargai orang lain karena faktor teman anak saat bermain. Adanya dorongan dari orang tua dan nasihat supaya anak tidak terpengaruh dalam pergaulan. Anak di Dukuh Godang RW 09 sudah menerapkan nilai sila kelima Pancasila, di tunjukkan dengan menghargai orang lain, saling bergotong royong dan membantu sesama. Bagi orang tua hendaknya lebih memberikan arahan kepada anak untuk lebih memahami nilai Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Deka Setiawan, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2 Ika Oktavianti, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Nilai-Nilai Pancasila, Keadilan Sosial
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Oct 2021 19:18
Last Modified: 21 Oct 2021 19:18
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15818

Actions (login required)

View Item View Item